Danamon Purwokerto dukung program pasar bersih dan nyaman

bupati menerima csr danamon dari area managerBanyumasNews.com, PURWOKERTO – PT Bank Danamon Indonesia, Tbk melalui cabangnya di Purwokerto bersama Yayasan Danamon Peduli (YDP) ikut mendukung terciptanya pasar tradisional yang bersih dan nyaman. Hal ini dibuktikan dengan pemberian peralatan kebersihan berupa 1 unit kendaraan roda 3 yang berfungsi mengangkut sampah dari dalam pasar, dan 20 unit tempat sampah untuk menampung sampah di dalam pasar.

Penyerahan bantuan sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Danamon itu dilakukan Sabtu 28 Mei 2016  oleh Tuty Hartono, Area Manager Bank Danamon Purwokerto, kepada Ir Achmad Husein, Bupati Banyumas di Pasar Manis Purwokerto.

Koordinator CSR Bank Danamon Purwokerto, Puad Hasan, mengatakan bantuan kepada pasar tradisional diharapkan ikut menciptakan pasar tradisional yang bersih, tidak kumuh, tidak becek dan tidak bau, sehingga akan menarik pengunjung untuk berbelanja di pasar tradisional. “Pasar yang nyaman akan menarik orang untuk datang, jadi ramai, sehingga ramainya pasar tradisional akan ikut menciptakan kesejahteraan bagi pedagang. Ini sesuai dengan Visi Danamon yang ingin ‘menciptakan kesejahteraan bagi jutaan orang’”, katanya dalam sambutan sebelum serah terima bantuan kepada Bupati.

Bupati Banyumas menaiki motor roda 3 bantuan Danamon
Bupati Banyumas menaiki motor roda 3 bantuan Danamon

Sementara itu Tuty Hartono menyambut baik upaya Pemkab Banyumas merevialisasi pasar tradisional sehingga menjadi pasar tradisional tapi modern. “Dengan kondisi lantai yang bersih, los-los tertata rapi, apalagi nanti disediakan lahan parkir yang luas, tentu akan banyak yang datang berbelanja kebutuhan dapur dan kebutuhan lainnya ke sini. Saya juga kagum dengan kondisi Pasar Manis Purwokerto. Nah bantuan dari Danamon ini diharapakan bermanfaat untuk menjaga kondisi pasar agar tetap bersih dan nyaman”, kata Tuty Hartono.

Bupati Banyumas Achmad Husein berterima kasih kepada Bank Danamon yang nyata-nyata telah berpihak kepada pasar tradisional, dimana bantuan Danamon kepada pasar tradisional tidak hanya di Pasar Manis Purwokerto namun kepada pasar-pasar lain di Banyumas, bahkan di Indonesia. Kepada para pedagang Bupati berpesan untuk terus menjaga kebersihan tempat berjualannya. “Kalau sudah bersih dan disertai pelayanan yang ramah, seperti pelayanan mbak-mbak dari Danamon yang mloes (cantik-red) ini, pembeli akan mulai ramai. Apalagi didukung dengan terori marketing yang baik”, kata Bupati.

Para pimpinan Danamon berpose sebelum penyerahan CSR
Para pimpinan Danamon di Area Purwokerto berpose sebelum penyerahan CSR

Tentang Yayasan Danamon Peduli:
Yayasan Danamon Peduli resmi dibentuk oleh PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. dan PT Adira Dinamika Multifinance, Tbk. pada 17 Februari 2006. Program-program Yayasan Danamon Peduli bertujuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yang bermanfaat langsung pada masyarakat dan melibatkan relawan dari lingkungan keluarga besar Danamon.

Sejak tahun 2010, Danamon Peduli menjalankan program Pasar SEJAHTERA sebagai investasi sosial perusahaan dengan fokus pelaksanaan pada empat komponen kegiatan, yaitu: (1) Peningkatan kondisi fisik pasar; (2) Intervensi perubahan perilaku; (3) Peningkatan komitmen pemerintah; dan (4) Peningkatan dukungan masyarakat. Saat ini, terdapat sembilan pasar percontohan Pasar SEJAHTERA, yaitu Pasar Ibuh-Payakumbuh di Sumatera Barat, Pasar Tejoagung Metro di Lampung, Pasar Sindangkasih-Majalengka di Jawa Barat, Pasar Bunder-Sragen di Jawa Tengah, Pasar Grogolan-Pekalongan di Jawa Tengah, Pasar Baru-Kota Probolinggo dan Pasar Semampir Kabupaten Probolinggo di Jawa Timur, Pasar Kemuning-Pontianak di Kalimantan Barat, dan Pasar Lambocca Bantaeng di Sulawesi Selatan. Dari jumlah tersebut, dua pasar yaitu Pasar Sindangkasih dan Pasar Semampir sudah diserahterimakan kepada pemerintah setempat.

Selain melalui kegiatan Pasar SEJAHTERA ini, Danamon Peduli mewujudkan misi melalui program Cepat Tanggap Bencana, Danamon Peduli bekerja sama dengan para relawan dari karyawan Danamon dan Adira menyalurkan bantuan cepat kepada masyarakat yang terkena bencana selain juga melakukan beberapa kegiatan edukasi masyarakat dalam upaya mencegah dan memitigasi dampak bencana.

Sejak didirikannya, Yayasan Danamon Peduli juga telah meraih beberapa penghargaan antara lain juara ke-2 tingkat dunia BBC World Challenge 2009, MDGs Award 2009 untuk kategori pengentasan kemiskinan. Pada tahun 2011, Program Pasar Sejahtera mendapatkan penghargaan Asia Responsible Enterpreneurship Award untuk kategori Green Leadership. Pada pertengahan tahun ini, Yayasan Danamon Peduli menerima penghargaan dari Warta Ekonomi Social Business Inovation Award 2014 untuk kategori Best Sustainable Business Innovation Company in Clean Market Programme.  Kuartal pertama di 2015, Yayasan Danamon Peduli meraih Center for Entrepreneurship, Change and Third Sector (CECT) CSR Award 2015 kategori “Overall Performance in Banking Sector” Oleh Universitas Trisakti.

Tentang Danamon:
PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. berdiri tahun 1956 dan sampai 31 Maret 2016 memiliki jaringan sekitar 1.929 terdiri dari antara lain kantor cabang konvensional, unit Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan unit Syariah, serta kantor-kantor cabang anak perusahaannya. Sampai dengan 31 Maret 2016 Danamon menyediakan kepada nasabahnya akses ke hampir  60.000 ATM, termasuk melalui kerjasama dengan ATM Bersama dan ALTO di 34 provinsi di Indonesia. Danamon mengelola aset sebesar Rp 179 triliun sampai dengan 31 Maret 2016.

Danamon adalah penerbit tunggal kartu Manchester United serta penerbit kartu Debit/ATM dan kartu kredit Manchester United.

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) adalah anak perusahaan Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor dan memiliki jaringan kantor cabang yang luas di lebih dari 260 kota di Indonesia. Danamon juga adalah pemegang saham mayoritas PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), suatu perusahaan asuransi umum, dan PT Adira Quantum Multifinance (Adira Kredit), suatu perusahaan pembiayaan perabotan dan alat rumah tangga.

Pada tanggal 31 Maret 2016, saham-saham Danamon sebesar 67,37% dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd., 6,72% oleh JPMCB-Franklin Templeton Investment Funds dan 25,91% dimiliki oleh publik. (BNC/ist/phd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.