Perpustakaan Daerah Banyumas launching layanan online

Wakil Bupati Banyumas pada pameran bukuBanyumasNews.com, PURWOKERTO – Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah (Perpusarda) Kabupaten Banyumas, melaunching pelayanan online. Kegiatan dilaksanakan pada pembukaan pameran buku, Senin (16/5/2016) di halaman Kantor Perpusarda. Acara dibuka oleh Wakil Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan.

Kepala Kantor Perpusarda M W Noersigit mengatakan bahwa pameran buku akan belangsung mulai hari ini Senin, (16/3) sampai Sabtu, (21/5/2016). “Pameran dibuka mulai jam 8 pagi sampai jam 8 malam,” katanya.

Pameran yang mengusung tema “Mengembangkan karakter bangsa melalui gemar membaca dan sadar arsip” itu diikuti beberapa penerbit, komunitas peduli perpustakaan dan pendidikan, Mitra Kantor Pewrpusarda juga beberapa UKM di Banyumas.

Terkait dengan perkembangan teknologi dan informasi, untuk mempermudah calon anggota dan masyarakat, Sigit menyampaikan mulai saat ini, pihaknya menyediakan informasi dan layanan online, untuk melihat catalog dan referensi buku serta yang akan mendaftarkan menjadi anggota perpustakaan. “Caranya membukanya ketik silibry.banyumaskab.go.id, akan keluar menu pilihan, antara lain catalog, keanggotaan online, pendaftaran anggota dan buku tamu” paparnya

“Sebelum ke Kantor, masyarakat bisa memilih buku dan mendaftar menjadi anggota melalui hape atau komputer di rumah, sehingga lebih cepat dan dapat memilih buku yang diinginkan, dan seandainya tidak ada buku yang dicari bisa mencari di tempat lain” tambahnya.

Sigit menambahkan dari 20.655 buku yang diinput dan dapat disajikan baru 11.774 judul buku.

Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan menyambut baik adanya terobosan yang dilakukan oleh kantor Perpusarda. “Semakin banyak buku yang dikoleksi semakin menambah kunjungan ke perpustakaan, karena satu buku sejuta ilmu, semakin rajin membaca banyak buku semakin banyak ilmu dan pengetahuan yang akan diketahui” kata Wabub.

Lebih lanjut Wakil Bupati meminta kepada Kepala Perpustakaan agar terus melakukan pendampingan kepada taman bacaan yang ada di wilayah. “Banyumas sangat luas, dan tidak semua masyarakat berkesempatan berkunjung di perpus ini,” katanya.

Wakil Bupati meminta untuk mengembangkan taman bacaan yang dikelola oleh masyarakat agar tercipta budaya gemar membaca sejak dini.

Pada kesempatan ini Penerbit Gramedia menyerahkan bantuan 400 buku kepada Perpustakaan Banyumas yang diserahkan perwakilan Gramedia Fabianus Sunarmo kepada Wakil Bupati Banyumas.

Selain itu juga ada pementasan seni dari siswa SMP N 5 Purwokerto, SD Al Irsyad dan yang lainya. (BNC/IST/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.