Presiden Jokowi resmikan Pasar Manis Purwokerto

Jokowi menyalami pedagang Pasar Manis Purwokerto
Jokowi menyalami pedagang Pasar Manis Purwokerto

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Presiden Jokowi meresmikan Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (4/05/2016) yang merupakan bagian dari program revitalisasi Pasar Rakyat dalam nawacita Presiden Jokowi.

Peresmian pasar ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Presiden yang datang ke Purwokerto didampingi oleh Mensesneg Pratikno, Menteri Perdagangan Thomas Limbong, dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sujatmiko. Tampak pula anggota DPR dari Dapil Banyumas Budiman Sudjatmiko.

Sebelum Presiden Jokowi melakukan peresmian, Menteri Perdagangan Thomas Limbong melaporkan Pasar Manis Purwokerto yang dibangun kurang dari setahun sejak peletakkan batu pegrtama oleh Presiden Juni 2015 lalu merupakan pasar terbersih yang dia lihat selama ini. “Belum setahun sudah diresmikan, menunjukkan program nawacita melampaui target” , katanya.

IMG_20160504_123752

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan minggu lalu ia pergi ke Bima, kemudian ke Papua untuk meresmikan pasar. “Hari ini saya ke Banyumas  juga untuk meresmikan pasar Manis  Purwokerto”  kata Jokowi disambut histeris para pedagang pasar yang mayoritas ibu-ibu.

Dalam pidatonya yang diselingi dengan bahasa Jawa, presiden meminta para pedagang untuk me.menjaga kebersihan pasar. “Tolong jaga kebersihan, sampah jangan tercecer, lantai dipel, pengurus pasar harus memperhatikan itu. Jangan bersih saat masih baru, tapi seterusnya. Jangan jadi pasar yang becek dan bau”, pesan Presiden.

“Sesuk telung tahun engkas tak cek (besok tiga tahun lagi saya cek) harus masih bersih”, kata Jokowi.

Jokowi juga berpesan agar pedagang belajar menata barang dengan baik, selalu melayani pembeli dengan senyum, jangan kalah dengan layanan di mall.

“Karena harga di pasar tradisional lebih murah, tidak perlu bayar listrik untuk AC, tidak bayar pajak, tapi kalau tidak ditata dengan baik ya kalah (dengan) mall”, imbuhnya.

Usai meresmikan pasar, Jokowi berkeliling ke los-los pasar dan berdialog dengan pedagang yang dilaluinya. Jokowi didampingi Bupati Banyumas Achmad Husein menyambangi los sayuran, los khusus daging, dan tak lupa mampir di los yang menjual makanan khas Banyumas, yaitu mendoan. (BNC/phd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.