Warga Ajibarang Demo Tuntut Pekerjaan

IMG20160427093458
AJIBARANG-Demo ratusan warga Dukuh Muara Desa Karangbawang Kecamatan Ajibarang,Banyumas Rabu (27/4) berlansung ricuh. Mereka melakukan aksi demo di halaman pabrik semen PT Sinar Tambang Arta Lestari (STAR) yang berada di Jalan Raya Karangbawang-Wangon, untuk menuntut dipekerjakan.

Dengan membawa sejumlah poster antara lain berisi tuntutan pekerjaan bagi warga pribumi, melakukan longmarch dari Dukuh Muara yang berada di wilayah RW 2 menuju lokasi pabrik. Akibat aksi ini jalur utama Ajibarang-Wangon tersendat.

Dalam orasinya, mereka menuntut agar warga setempat dipekerjakan di pabrik tersebut. ” Kami juga meminta agar pihak pabrik bisa mengurangi kebisingan suara dan polusi yang selama ini sangat mengganggu” ujar kordinator demo Teguh.

Tuntutan lainnya, jika pihak pabrik yang memproduksi semen Bima itu telah mendapat keuntungan, agar disisihkan untuk membantu pembangunan fiisk desa Karangbwang.

” Kalau ada keuntungan ya sisihkanlah sedikit dana untuk kas RW atau desa” tambah Teguh.
IMG20160427100500

Aksi demo ini sempat ricuh saat keinginan warga menemui pimpinan pabrik tidak dipenuhi. Sejumlah warga yang nerah berusaha merangsek masuk meskipun dijaga puluhan petugas keamanan pabrik dan polisi serta TNI.

Lima orang perwakilan warga akhirnya menemui pimpinan pabrik. Mereka diterima Manager Personalia Joko Hanolo dan CSR Manager Fatria Rachmadi . Dalam pertemuan tersebut pihak PT STAR berjanji akan berusha memenuhi tuntutan, namun dilakukan secara bertahap.

” Soal dipekerjakan di pabrik ini, mekanismenya silahkan melamar lewat kepala desa. Sementara masalah tuntutan lainya seperti polusi dan kompensasinya nanti kita bicarakan dalam rapat dengam pimpinan” ujar Joko (ani)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.