Keren! PO Efisiensi Kebumen segera launching bus SDD

Bus SDD EfisiensiBanyumasNews.com, KEBUMEN – PO Efisiensi yang ber-home base di Wonosari Kebumen, Jawa Tengah, segera meluncurkan keluarga baru bus canggih dan keren seri SDD MB OC 500 RF 2542. Bus yang memikat pengunjung di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 Agustus 2015 tahun lalu itu, kini sudah berada di pool atau home base PO Efisiensi di Kebumen, sejak 13 April 2015 lalu.

Menurut Syukron Wahyudi, staff PO Efisiensi, bus seri terbaru itu terdiri dari dua deck (SDD – Super Double Decker). Deck atau lantai 1 terdiri dari 5 big seat, tangga naik ke deck 2, tempat untuk menaruh barang (tas/koper/barang bawaan lainnya), dan ruang tempat tidur. Wow! Bus ada tempat tidurnya? Benar-benar keren ya… dan pastinya akan membuat jalan-jalan penumpangnya makin nyaman.

Menurut Syukron, bus SDD bikinan karoseri Adiputro Malang itu belum diputuskan apakah akan digunakan untuk trayek regular Cilacap – Yogyakarta atau Purwokerto – Yogyakarta, ataupun dkhususkan untuk bus pariwisata.  “Secepatnya (diputuskan), tunggu tanggal mainnya”, kata Syukron Wahyudi.

Sebelumnya PO Efisiensi sudah mengoperasikan bus type SHD (Super High Decker) untuk trayek Purwokerto-Yogyakarta dan Cilacap – Yogyakarta. PO milik pengusaha Teuku Ery Rubiansyah ini memang selalu menampilkan dan memperbarui bus-bus yang dioperasikan dan saat ini menjadi favorit dan raja di jalur selatan Jawa Tengah.

PO Efisiensi seri baru SDD, keren!
PO Efisiensi seri baru SDD, keren! (Busnesia)

Bus Efisiensi Jetbus 2 SDD Adiputro

Dari informasi yang dihimpun, spesifikasi bus Efisiensi Double Decker ini tidak jauh berbeda dengan produk Jetbus 2 SDD dari Adiputro sebelumnya, memiliki panjang 13,5 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 4,15 meter. Bus Efisiensi Jetbus 2 SDD Adiputro ini dibangun diatas chassis Mercedes-Benz OC500RF 2542.

Mercedes-Benz OC500RF 2524 merupakan bus triple axle delapan roda. Axle paling belakang hanya menggunakan dua roda untuk membantu mendistribusikan beban badan bus saat mengangkut penumpang.

Bus SDD PO Efisensi ini bermesin Mercedes Benz OC500RF 2542, dipersenjatai dengan mesin type OM457LA bertenaga besar. Denga mesin berkapasitas 11.967 cc, bus ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 310 KW atau 420 HP pada 2000 RPM dan torsi maksimum 1900 Nm pada 1100 RPM, dengan Gross Vehicle Weight (GVW) 25 ton.

Bus SHD dan SDD Efisiensi (ist)
Bus SHD dan SDD Efisiensi (ist)

Bus ini menarik perhatian pertama kali saat diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 Agustus 2015 tahun lalu, selain bus berdesain Semi High Deck (SHD) buatan karoseri Adi Putro Malang lainnya yang lebih dulu dirilis.

Pencinta bus atau bus mania akan semakin nyaman denga  kehadiran Efisiensi SDD ini. Selamat untuk PO Efisiensi. (BNC/ist)

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.