Ribuan onthelis KOSTI ramaikan Parade Onthel Satria 3

onthelis berkumpul di pendopo sipanjiBanyumasNews.com, PURWOKERTO – Rangkaian peringatan hari jadi Banyumas ke- 445 masih berlangung hingga Minggu (10/04/16), ditandai dengan seribuan pencinta sepada kuno, atau yang biasa disebut onthelis, yang tergabung dalam Kesatuan Onthel Indonesia (KOSTI), berepeda mengelilingi Kota Purwokerto.

Bertemunya para onthelis dari berbagai daerah di Indonesia ini dikemas dalam acara Parade Onthel Satria 3, diisi kegiatan temu akrab, pernyataan anti narkoba, pasar klitikan, bersepeda keliling Purwokerto dan hiburan di halaman GOR Satria Purwokerto. Rute gowes berawal dari GOR Satria menyusuri Jl dr. Suharso, Jl. dr Suparno, ,Jl. Kampus, Jl. HR Bunyamin, Jl Ringin Tirta, Jl Karangkobar, Jl. dr. Angka, Jl A.Yani, Jalan Pemuda, Jalan Martadireja, Jl. Sudirman, istirahat di Pendopo Sipanji, Jl. Sudirman sampai perempatan Posis, Jalan Kaliputih, Jalan Suparno dan kembali menuju ke GOR Satria.

Pasar Klitikan, salah satu kegiatan Parade Onthel Satria 3 (phd)
Pasar Klitikan, salah satu kegiatan Parade Onthel Satria 3 (phd)

Di pagi hari menjelang start, kegiatan diawali dengan penandatanganan Gerakan Nasional Aksi Perangi Narkoba oleh Forkompinda Kabuapten Banyumas, dimana seluruh ketua komunitas (KOSTI) dan peserta menandatangin spanduk sepanjang 10 meter. Tanda tangan diawali oleh Bupati Banyumas, Kapolres dan Dandim 0701 Banyumas, dilanjutkan para ketua KOSTI dari berbagai daerah di Indonesia.

Kapolres Banyumas dalam sambutannya mengajak kepada seluruh komunitas onthel untuk bersama-sama memerangi Narkoba. “Sebagaimana perintah Presiden RI , Polres akan melakukan Oprasi Berantas Sindikat Narkoba atau yang dikenal dengan Oprasi Bersinar. Melalui kegiatan parade onthel ini yang mengajak kepada kita untuk kembali kepada tempo dulu, dimana masyarakat tidak mengenal narkoba, saya mengajak para pengontel untuk bersama-sama memerangi narkoba dan menciptakan generasi yang betul-betul bebas dari Narkoba yaitu generasi yang semangat, kreatif , dan enerjik”, jelasnya.

"Tugu" sepeda onthel yang menarik perhatian pengunjung
“Tugu” sepeda onthel yang menarik perhatian pengunjung

Menurut salah satu pengurus KOSTI Banyumas, Untung Sugiarto, Parade Ontel Satria 3 Tahun 2016 diikuti kurang lebih seribu peserta dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Kalimantan, Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, Jogjakarta dan kota-kota lainnya.

“Mereka sudah berada di Purwokerto sejak Jum’at sore, dan sebagian menginap di Baturraden dan menikmati keindahan Baturraden, lainnya menginap di beberapa hotel di kota Purwokerto” jelasnya. (BNC/ist/foto utama:humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.