Pramuka Banyumas bantu korban bencana

pramuka peduli bencana dkc banyumas

BanyumasNews.com – Memasuki musim hujan yang sedang menuju puncaknya, dalam sepekan lebih wilayah Kabupaten Banyumas dilanda bencana. Mulai dari angin yang mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik, sambaran petir yang merusak puluhan rumah di Baturraden, banjir di Banyumas bagian selatan serta longsor di Cilongok, Ajibarang dan beberapa tempat lainya.

Pramuka Banyumas melalui Pramuka Peduli Banyumas dengan Pasukan Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) DKC Banyumas bersama sama relawan lain turut serta membantu memberi pertolongan kepada masyarakat yang terkena musibah.

Wakil Ketua V Bidang Humas dan Abdimas Kwarcab Banyumas Agus Nur Hadie, Kamis (17/12/15) mengatakan Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas selalu berupaya turut serta terlibat dalam pertolongan kepada korban maupun membantu kegiatan penebangan pohon yang roboh melintang jalan dan tanah longsor yang menimpa rumah penduduk.

“Hampir sepekan adik-adik Ubaloka dipimpin oleh Kak Heriawan Ady Chandra dari Pramuka Peduli terjun ke lapangan memberi pertolongan” kata Agus.

Pramuka Peduli Bencana dan Ubaloka DKC  Banyumas memberi pertolongan pada musibah tanah longsor (Parsito)
Pramuka Peduli Bencana dan Ubaloka DKC Banyumas memberi pertolongan pada musibah tanah longsor (Parsito)

Walaupun adik-adik Ubaloka ini masih relatif muda, tetapi kepeduliannya layak mendapat pujian.

“Mereka selalu siap ketika mendapat perintah untuk melakukan pertolongan, tidak mempedulikan siang atau malam panas maupun hujan. Dan secara kebetulan kegiatan minggu ini, berupa meeting class usai ujian tengah semester, sehingga adik-adik mudah mendapatkan dispensasi dari sekolah”, lanjut Agus.

Kegiatan bantuan yang dilakukan antara lain membantu evakuasi pohon tumbang melintang jalan raya di Kelurahan Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan dan Desa Kedungrandu Kecamatan Patikraja, membantu evakuasi tanah longsor di Kecamanat Cilongok dan lain sebagainya. (BNC/Ist/laporan Parsito)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.