Pilkada Purbalingga 2015: Rata-rata kehadiran 60 persen di sejumah TPS

pilkada serentak 2015BanyumasNews.com – Pilkada serentak 2015 di wilayah Bralingmascakeb berlangsung di Purbalingga dan Kebumen. Pelaksanaan Pilkada di Purbalingga, Rabu (9/12/2015) berdasarkan pantauan berlangsung aman dan sukses. Hal itu diungkapkan oleh Penjabat Bupati Purbalingga Budi Wibowo seusai melakukan peninjauan ke sejumlah TPS di Kabupaten Purbalingga.

Penjabat Bupati bersama jajaran Forkompimda dan Desk Pilkada, menjumpai para petugas TPS yang dapat melaksanakan tugas sesuai ketentuan. Demikian pula masyarakat dinilai memiliki pemahaman yang memadai. Menyangkut keamanan wilayah, menurut Bupati terpantau aman.

Baca: KPU Purbalingga rajin sosialisasi Pilkada

Pilkada Purbalingga terancam diundur, hanya satu paslon mendaftar

Target partisipasi Pilkaa Purbalingga 77 persen

“Ini semua merupakan kerja bersama dari seluruh penyelenggara, tim pengamanan, dan jajaran pemkab. Hasil yang dicapai sekarang bisa menjadi pembelajaran bagi penyelenggaraan pilkada serentak 2017 mendatang,” katanya seperti dikutip media milik humas Purbalingga, purbalingganews.net.

Pantauan Pj Bupati Purbalingga
Pj Bupati Purbalingga Budi Wibowo memantau Pilkada Purbalingga (purbalingganews.net)

Tingkat partisipasi baru bisa diketahui setelah penghitungans selesai, namun dari pantauan tim di sejumlah TPS, jumlah kehadiran pemilih rata-rata 60 persen dari undangan yang didistribusikan. Ada undangan yang tidak didistribusikan karena pemilih tidak berada di tempat, dan jumlahnya memang cukup banyak.

Dicontohkan Bupati, di TPS 6 Desa Panican Kecamatan Kemangkon, dari jumlah DPT sebanyak 520 terdapat C6 (undangan-red) yang tidak dibagi sebanyak 120. Sesuai ketentuan, undangan mencoblos atau C6 hanya diberikan kepada pemilih yang ada di tempat. Dan jika pemilih tidak berada di tempat karena merantau, pindah alamat dan lainnya, maka C6 tersebut tidak diberikan dan tetap dipegang oleh petugas KPPS atau PPS setempat.

Pilkada Purbalingga 9 Desember 2015, diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati. Yakni pasangan calon No 1 Tasdi – Dyah Hayuning Pratiwi (Tasdi-Tiwi) dan paslon No 2 Sugeng – Sucipto (Sugeng-Cipto).

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga Sri Wahyuni, Pilkada Purbalingga diikuti oleh 737.595 pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) terdiri dari 370.907 laki-laki dan 366.688 perempuan. Jumlah itu masih ditambah 504 orang yang terdaftar dalam DPTb 1 terdiri dari 282 pemilih laki-laki dan 222 pemilih perempuan. Jumlah TPS di seluruh Purbalingga sebanyak 1.629 TPS. (BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.