Soto Jalan Bank Purwokerto: khasnya itu di sambal kacangnya

soto h loso jalan bank purwokerto (namnamstory)Soto Jalan Bank Purwokerto ada di acara Karnaval Inbox SCTV di pelataran GOR Satria Purwokerto, Minggu 22 November 2015 lalu. Bupati Banyumas Achmad Husein dan pejabat Banyumas lainnya terlibat dalam ‘Battle Sroto”. Para pejabat itu ‘berperang’ dalam meracik dan menyajikan salah satu kuliner khas Purwokerto dan Banyumas pada umumnya: Soto atau disebut juga Sroto.

Bertindak sebagai juri adalah H Loso, pemilik rumah makan “Soto Ayam Jalan Bank H. Loso” yang berlokasi di Jalan Bank (tepatnya Jl. RA Wiriaatmaja) Purwokerto. Disebut jalan bank karena di ujung jalan bank terdapat museum Bank BRI dan Kantor Cabang BRI Purwokerto. Jadi, jangan mencari label atau plang Jalan Bank, karena pasti tidak akan ketemu. Jalan Bank hanya ada dalam percakapan saja …

Warung Soto Ayam H Loso hanya salah satu dari sekian warung soto ayam di Jalan Bank. Ada warung soto ayam lain dengan label Soto Ayam Asli Jalan Bank, Soto Sungeb, dengan cita rasa yang mirip karena terbuat dari bahan-bahan yang sama. Konon, soto Jalan Bank sudah eksis sejak tahun 70-an, dirintis oleh H Sungeb (alm), yang meninggal pada tahun 1997.

H Loso menjadi juri "battle sroto" di Karnaval Inbox SCTV
H Loso (tengah) menjadi juri “battle sroto” di Karnaval Inbox SCTV

Apa sih beda atau yang khas dari soto Jalan Bank Purwokerto dengan soto di kota lain? Yang beda signifikan adalah sambal bumbu kacang yang digunakan untuk menambah sedap soto Jalan Bank. Sedangkan di kota lain seperti soto Semarang, soto Kudus atau Boyolali menggunakan sambal biasa sehingga kuah terlihat bening.

Bahan soto di Purwokerto ialah soun (mie putih), suwiran ayam kampung, ketupat, taoge, kerupuk mie, kerupuk warna, ditambah daun bawang, dan yang terakhir ditaburin dengan bawang goreng. Untuk sambalnya menggunakan sambal kacang. Sedikit berbeda dengan Soto Sokaraja, dimana soto Sokaraja ada opsi dengan daging sapi. Soto Jalan Bank Purwokrto pakai ayam kampung.

Ancar-ancar rute ke Jalan Bank (Jl RA Wiriaatmaja): kalau dari arah barat (Ajibarang/Bumiayu) dari pertigaan Kalibogor lurus saja, melewati rel kereta api, lalu di pertigaan depan KODIM yang berhadapan dengan Museum Bank) belok kiri. Kalau dari arah timur, patokan paling mudah adalah dari alun-alun ke barat, lalu belok kanan di pertigaan depan Kodim.

Bagaimana orang luar kota Purwokerto merasakan lezatnya Soto Jalan Bank Purwokerto? Ini salah satu testimoni dari seorang blogger pencinta kuliner:

Dan yang paling khas adalah sambel kacangnya. Kuah kaldu ayam ditambah sambel kacang sukses bikin kuah soto ini sedikit kental dan gurih. Ga perlu waktu lama untuk menghabiskan seporsi soto ini, slrup..segaar. Bahkan rata-rata bapak-bapak pasti nambah, termasuk Ayah Nam..hehe”.

Itu testimoni di blog namnamstory. Bagaimana testimoni Anda yang pernah makan soto Jalan Bank?

Atau bagaimana kalau pengin coba membuat sendiri soto ala Purwokerto yang ada di Jalan Bank?

Baca ini: Resep Soto Jalan Bank Purwokerto

(BNC/adhis)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.