Organisasi kebencanaan Banyumas lakukan bersih sungai

bersih sungai banjaran1BanyumasNews.com – Sejumlah organisasi kebencanaan di Banyumas, Jawa Tengah, bersama masyarakat melakukan aksi peduli lingkungan dengan melakukan bersih sungai pada Minggu (1/11/15). Sungai yang dibersihkan adalah Sungai Banjaran sepanjang 500 meter, berlokasi di Rt 02/05 Kelurahan Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas.

Aksi peduli lingkungan diikuti antara lain oleh 15 personil UBALOKA (Unit Bantu Pertolongan Pramuka) Banyumas bersama BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan organisasi kebencanaan lainnya. Tak kurang dari 150 orang warga masyarakat sekitar juga ikut serta dalam kegiatan yang dimulai dari pukul 07.00 – 10.00 WIB itu.

Menurut Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Banyumas, aksi bersih sungai tersebut dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan musim hujan yang diperkirakan jatuh pada bulan November dan sebagai antisipasi terjadinya banjir ketika musim hujan datang. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, masyarakat sekitar dan relawan bergotong-royong saling membagi tugas satu sama lain.

Aksi bersih sungai Banjaran Minggu 01/11/15 (DKC Banyumas)
Aksi bersih sungai Banjaran Minggu 01/11/15 (DKC Banyumas)

Pembersihan bantaran sungai dapat dilaksanakan dengan cukup mudah karena debit air yang sedikit dan jumlah relawan yang banyak.

“Jagalah kebersihan, stop buang sampah di sungai !”, demikian tulis DKC Banyumas di akun Facebook-nya. (BNC/*/foto: DKC Banyumas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.