Sedekah Laut Cilacap 2015 meriah karena sedang musim panen ikan

sedekah laut cilacap 2015 meriahBanyumasNews.com – Pagelaran adat tradisional Sedekah Laut oleh delapan kelompok nelayan di Cilacap yang serentak diadakan pada Jumat Kliwon (23/10/15) berlangsung meriah. Dibandingkan tahun lalu acara sedekah laut tahun 2015 ini lebih meriah dengan diisi berbabai pagelaran hiburan rakyat, karena berbarengan dengan musim panen ikan, udang dan biota laut lainnya.

Sejarah sedakah laut Cilacap sendiri bisa Anda baca di sini.

Ritual sedekah laut sendiri berjalan seperti prosesi yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, diawali dengan mengarak jolen sesaji dari Pendapa Kantor Bupati Cilacap menuju Pantai Teluk Penyu, kemudian dilanjutkan dengan larungan di pantai selatan Pulau Nusakambangan. Sehari sebelumnya, pada hari Kamis (22/10/15) diadakan ziarah nelayan ke Pulau Majethi, dimana Ziarah ke Karangbandung menandai rangkaian Sedekah Laut Cilacap.

Iring-iringan prosesi sedakah laut keluar dari pendopo kabupaten Cilacap
Jolen siap diarak keluar dari pendopo kabupaten Cilacap

Sementara itu menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Cilacap Indar Yuli Nyataningrum, antusiasisme masyarakat untuk menyaksikan gelar budaya sedekah laut cukup tinggi, termasuk wisatawan dari luar Cilacap, yang ditandai dengan penuhnya kamar-kamar hotel yang ada di Cilacap.

“Kamar-kamar hotel penuh, jadi tentunya banyak wisatawan luar daerah yang ingin menyaksikan ritual itu”, katanya.

Sebagai acara adat yang sudah berlangsung turun termurun, sedekah laut Cilacap setiap tahunnya mendapat perhatian dari warga, baik warga Cilacap maupun luar Cilacap seperti dari Purwokerto dan Purbalingga. Banyak di antara warga rela berhenti beraktifitas demi bisa melihat prosesi sedekah laut di Cilacap.

“Bakul tenongan hari ini tidak keliling karena ikut ke Cilacap melihat sedekh laut”, kata Hartono, yang memiliki usaha pembuatan kamir yang hari Jumat (23/10/15) kemarin harus mengurangi produksi karena pedagang kelilingnya pergi ke Cilacap menonton sedekah laut.

Foto-foto Sedekah Laut yang diunggah netizen menunjukkan kemeriahan Sedekah Laut 2015 di Cilacap:

sedekah laut cilacap prosesisedekah laut clp 2015sedekah laut cilacapsedekah laut teluk penyu(BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.