50 ha hutan terbakar selama kemarau 2015 di KPH Banyumas Timur

kebakaran-hutan-ilustrasiBanyumasNews.com – Hutan pinus dan jati yang ada di perbukitan sebelah barat Bendung Gerak Serayu, pada Senin 19 Oktober 2015 terbakar. Tepatnya di petak 43i KPH Banyumas Timur yang masuk dusun Kaliwangi, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas. Luas hutan yang terbakar diperkirakan 3 hektar, terdiri dari hutan pinus dan hutan jati.

Kebakaran hutan di Rawalo menambah luasan hutan yang terbakar di wilayah Perhutani KPH Banyumas Timur, selama musim kemarau 2015 ini. Sesuai data yang dihimpun sekurangnya ada 50 hektare area hutan di wilayah KPH Perhutani Banyumas Timur, yang tersebar di di sejumlah wilayah seperti di Kecamatan Baturraden, Kecamatan Rawalo, dan Kecamatan Jatilawang.

Administratur KPH Perhutani Banyumas Timur Wawan Triwibowo mengapresiasi berbagai pihak yang turut serta dalam upaya pengendalian dan pemadaman kebakaran, seperti dari unit pemadam kebakaran, warga, pemerintah desa, kecamatan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Ia pun menghimbau warga untuk tidak sembarang meninggalkan sumber api karena di puncak musim kemarau Oktober 2015 ini kebakaran mudah terjadi.

Seperti diberitakan media, hutan pinus dan jati yang berada di sisi utara jalan raya Purwokerto – Rawalo (arah ke Cilacap/Wangon/Bandung) terbakar pada Senin (19/10/15) sekitar pukul 11.30 WIB. Petugas gabugan yang terdiri atas personel Perhutani, TNI/Polri, dan dibantu warga setempat berusaha memadamkan kebakaran. Titik api pertama kali terlihat di tepi jalan Rawalo – Purwokerto yang berada di sebelah barat Bendung Gerak Serayu, yang diduga kuat berasal dari puntung rokok yang dibuang oleh warga.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut dan ketika terjadi kebakaran hutan di dekat jalan raya itu, arus lalu lintas tetap berjalan normal dan tidak ada pengalihan jalur. (BNC/Ist/Ant/foto ilustrasi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.