Sedekah Laut Cilacap tahun ini: Jum’at kliwon 23 Oktober 2015

prosesi sedekah lautBanyumasNews.com – Bulan Sura atau Muharram dalam penanggalan Hijriah, menjadi bulan sibuk bagi nelayan di Cilacap. Setiap memasuk bulan Sura, mereka mempersiapkan agenda tahunan Sedekah Laut, yang kini sudah menjadi bagian dari agenda wisata budaya tahunan di Cilacap, Jawa Tengah.

Sedakah laut tahun 2015 ini akan diadakan pada Jumat Kliwon, yang jatuh pada tanggal 23 Oktober 2015, digelar seperti tahun sebelumnya di pantai Teluk Penyu dan berlanjut ke pelarungan ‘jolen’ di pantai selatan Pulau Nusakambangan.

Sejarah sedekah laut sendiri bisa dibaca di sini.

Prosesi sedekah laut selalu menarik pengunjung dari daerah luar Cilacap untuk datang, seperti dari Banyumas, Purbalingga, Bumiayu dan Kebumen. Keramaian di Teluk Penyu seperti ramainya Teluk Penyu saat lebaran. Kunjungan wisatawan inilah yang memang diharapkan, termasuk melibatkan sejumlah biro perjalanan wisata untuk membawa wisatawan menyaksikan prosesi itu.

Informasi yang dihimpun dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Tengah menyebutkan, rangkaian prosesi sedekah laut 2015 tidak mengalami perubahan seperti tahun sebelumnya. Diawali tirakatan pada Kamis (22/10/15) malam di Pendapa Wijayakusuma. Kemudian pada Jumat (23/10/15) dilakukan prosesi penyerahan tempat sesaji tunggul atau ‘jolen’, di Pendapa Wijayakusuma oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Ilustrasi: Pelarungan jolen ke laut di pantai selatan (nusantaraislam.com)
Ilustrasi: Pelarungan jolen ke laut di pantai selatan (nusantaraislam.com)

Bupati Tatto akan memerankan sosok Adipati Cakrawerdaya III (Bupati Cilacap ke-3), mengiringi ‘jolen’ tunggul yang dikirab bersama jolen-jolen dari delapan Rukun Nelayan yang ada di Cilacap ke Pantai Teluk Penyu untuk dibawa dengan perahu menuju ke tempat pelarungan di pantai selatan Pulau Nusakambangan.

Sebagai wisata budaya, Sedekah Laut layak Anda kunjungi untuk memperoleh pengalaman dan wawasan baru. (BNC/ist/foto atas: pariwisatacilacap)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.