Antrian haji Banyumas 13 tahun: Alhamdulillah, Arab Saudi tambah kuota haji Indonesia 10.000 jamaah

hajiAnda warga Banyumas, kapan Anda berangkat haji kalau mendaftar sekarang? Tahukah Anda bahwa daftar tunggu atau waiting list jamaah calon haji di Kabupaten Banyumas hampir mencapai 15 ribuan orang, pada Oktober 2014 lalu. Berarti baru akan habis diberangkatkan hingga 13 tahun mendatang.

Daftar tunggu sudah hampir 15 ribuan orang, jadi baru tuntas diberangkatkan selama 13 tahun atau sampai 2027 nanti. Dikatakan oleh Bamang Sucipto, Kepala Kantor Kementrian Agama Banyumas, “Antusias masyarakat Banyumas untuk menjalankan ibadah haji memang sangat tinggi dan begitu luar biasa,” katanya tahun 2014 lalu dikutip tribun.

Kini berita menggembirakan bagi calon jamaah haji Indonesia datang dari Arab Saudi. Kunjungan Presiden Jokowi ke Arab Saudi yang diisi pertemuan marathon mulai dari Presiden Islamic Development Bank (IDB), Sekjen Organisasi Konferensi Islam (OKI), Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral kedua pemerintahan. Diikuti pula dengan pertemuan Presiden Jokowi dengan sejumlah menteri negara tersebut telah memberikan hasil yang menggembirakan.

Menurut Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, seperti dilansir situs resmi kemenag, salah satu hasil pertemuan marathon yang dilakukan oleh Presiden Jokowi itu adalah dikabulkannya permintaan permintaan untuk mendapatkan tambahan kuota haji kepada Indonesia. “Alhamdulilah untuk tahun depan mendapatkan tambahan sebanyak 10.000,” kata Pramono kepada wartawan di Istana Raja Faisal, Jeddah, Sabtu (12/9/15) malam waktu setempat atau Minggu (13/9/15) dinihari WIB.

Menurut Seskab, Presiden Jokowi tetap mengharapkan kuota yang lebih tetapi perhari ini Raja telah memberikan jawaban melalui Menteri Urusan Agama yang sekaligus utusan khusus dari Raja.

Kenapa kuota haji menjadi penting, menurut Seskab, dengan jumlah penduduk muslim yang besar dengan kuota haji yang sekarang ini orang bisa antri 10 tahun baru bisa berhaji. Maka dengan demikian harapan Presiden selain tambahan 10.000, dan kita lagi fight lagi minta tambahan, dan mudah mudahan tahun depan dapat kembali lagi seperti awal sekitar 200.000 untuk kuota kita. Saat ini kuota haji Indonesia adalah 168.000 orang.

Seskab Pramono Anung juga menyampaikan, bahwa Presiden Jokowi secara sungguh sungguh memberikan perhatian pada perbaikan pelayanan haji. Ia menilai musibah jatuhnya crane yang merenggut banyak korban merupakan force majeure atau bencana karena adanya badai.

“Tetapi yang lebih utama adalah agar pelayanan haji kita itu dapat ditingkatkan. Walaupun sekarang ini sudah mengalami kemajuan tetapi bahwa ini masih banyak kekurangan untuk melakukan perbaikan,” kata Mas Pram, panggilan akrab Pramono Anung, mengutip pernyataan Presiden Jokowi. (BNC/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.