Lomba mural untuk sosialisasi Pilkada Purbalingga 2015

mural purbalingga pilkadaCara kreatif ditempuh KPU Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, dalam sosialisasi Pilkada 2015 yang akan digelar 9 Desember 2015 mendatang. Tembok keliling kantor KPU Purbalingga yang berada di Jalan Raya Penaruban, Kecamatan Kaligondang, dijadikan ‘kanvas’ panjang sebagai media lomba seni mural (lukis dinding). Dengan adanya mural yang bertema pilkada ini maka semua orang yang lewat akan terngiang adanya Pilkada Purbalingga pada 9 Desember 2015 nanti.

Alhasil tembok keliling kantor KPU menjadi lebih indah dan berwarna-warni hasil coretan dan sapuan kuas para peserta lomba mural, mengingatkan pada yang melihat tentang pentingnya pilkada. Ada himbauan agar memilih sesuai hati nurani, memilih secara bebas/merdeka dan menghindari politik uang. “Merdeka, tentukan pilihanmu”,  bunyi salah satu mural.

Juara lomba mural Pilkada KPU Purbalingga dengan pialanya
Juara lomba mural Pilkada KPU Purbalingga dengan pialanya

Ketua DPRD Purbalingga Tongat SH membuka lomba secara simbolis. Lomba yang diikuti oleh 10 peserta, berlangsung  pada Jum’at 28 Agustus 2015 lalu, mulai jam 08.30 WIB hingga 14.00 WIB. Hadiah lomba juara 1 1 juta, juara 2 900 rb dan juara 3 800 ribu.

Berdasarkan hasil penilaian oleh tim juri, pemenang lomba mural adalah Juara 1 : SARI DEWI (Bobotsari), Juara 2 : AZHAR AF (Bukateja), Juara 3 : SMKN 1 KALIGONDANG (Kaligondang), Harapan 1 : SMK MUHAMMADIYAH 1 PBG (Purbalingga), Harapan 2 : CLANTWO (Wirasana), Harapan 3 : SMAN 1 BOBOTSARI (Bobotsari).

Lomba lukis dinding atau mural itu tidak hanya menyalurkan bakat dan minat pada seni mural di Purbalingga, namun bagi KPU lomba itu diharapkan dapat menjadi inspirasi pentingnya Pilkada 2015 untuk menentukan pilihan. “MERDEKA, TENTUKAN PILIHANMU” .

Hasil karya seniman mural antara lain di bawah ini:

mural pilkada purbalingga 2015mural pilkada purbalingga2mural pilkada2(BNC/*/foto: KPU Purbalingga)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.