Tokoh Muhammadiyah dan Tokoh NU Kebumen bergandeng menuju Pilkada 2015

BanyumasNews.comPilkada Kebumen 2015 memperlihatkan hal menarik dalam pencalonan Fuad Yahya (ada yang menulis Yahya Fuad) yang diusung koalisi besar PAN, PKB, Gerindra, Demokrat dan juga PPP. Yang menarik adalah pencalonan dari kubu PAN yang semula menggadang-gadang Barli Halim (Ketua DPD PAN Kebumen), yang baliho-nya sudah tersebar dimana-mana. Namun akhirnya Barli Halim legowo menerima rekomendasi yang turun untuk Mh Fuad Yahya. Melalui akun facebook Barli Halim Corner, Barli Halim menyatakan menyepakati dan memberikan kepercayaan penuh pada Mh Fuad Yahya, yang dipanggilnya ‘kakanda’.

“Alhamdulillah, pagi ini setelah melalui proses negosiasi panjang antar parpol koalisi di tingkat pusat, saya beserta segenap keluarga besar Partai Amanat Nasional (PAN) menyepakati dan memberikan kepercayaan penuh kepada kader kami, saudara kami, kakanda kami : Ir.H.Yahya Fuad,SE untuk maju sebagai calon Bupati Kebumen dari Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Pilkada Pilkada Kebumen 2015” demikian bunyi pernyataan itu.

Siapa Yahya Fuad (Fuad Yahya) dan Yazid Mahfudz

H Yahya Fuad
H Yahya Fuad

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Ir H Yahya Fuad adalah pemilik usaha Tradha Group yang berkantor di Jalan Stasiun Nomor 6 Gombong. Ia merupakan aktifis dan tokoh Muhammadiyah Gombong, kota kecamatan yang berada di sebelah barat Kebumen. Pada bulan Mei 2015 lalu ia berusia 50 tahun, yang ulang tahunnya bertepatan dengan peresmian kantor Tradha Group  oleh Wakil Bupati Kebumen Djuwarni, Amd, tepatnya pada 15 Mei 2015 lalu.

Sejumlah tokoh di Kebumen hadir pada acara peresmian kantor Tradha Group itu, mulai dari pejabat Pemkab, tokoh ormas NU dan Muhammadiyah, pimpinan partai politik dan dari kalangan perguruan tinggi. Acara yang meriah dengan pengajian umum yang dihadiri sekitar 3000 undangan itu semacam sinyal awal majunya pengusaha yang juga tokoh Muhammadiyah di Gombong itu dalam Pilkada Kebumen 2015.

KH Yazid Mahfudz
KH Yazid Mahfudz

Yahya Fuad saat itu mengaku siap maju dalam Pilkada Kebumen 2015 dengan menggandeng tokoh PKB dari kalangan tokoh NU Kiai Yazid Mahfudz alias Gus Yazid. Pada acara itu, Gus Yazid yang juga adik kandung Gus Wahib, pengasuh Pesantren Al Huda Jetis Kutosari Kebumen, hadir dan duduk berdampingan dengan Yahya Fuad.

Sekalipun ormas keagamaan tak berhak mengajukan pasangan calon Bupati/Wkl Bupati, dan pencalonan menjadi hak partai politik, namun tak dapat dipungkiri kalau kedua tokoh itu lahir dari kalangan ormas Muhammadiyah dan NU dan kini keduanya saling bergandengan maju sebagai pasangan calon bupati-wakil bupati, memperebutkan suara rakyat Kebumen yang memiliki hak pilih yang dalam Pemilu 2014 lalu berjumlah 1.034.732. (BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.