Prediksi arus balik meningkat Minggu: jalur hindari macet Ajibarang – Bumiayu

ajibrang - bumiayuBanyumasNews.comArus balik lebaran 2015 diperkirakan akan masih ramai pada Minggu 26 Juli 2015, dimana para pemudik yang mengambil cuti pasca Idul Fitri akan kembali beraktifitas pada hari Senin 27 Juli 2015. Oleh karena itu arus balik kendaraan pemudik menuju Jakarta melalui jalur Ajibarang-Bumiayu diperkirakan masih ramai. Bahkan keramaian pada Sabtu 25 Juli 2015 lebih terlihat, dibandingkan dengan keramaian arus kendaraan pemudik dibandingkan Kamis-Jumat 23-24 Juli 2015.

Situasi keramaian arus balik kendaraan di jalur tengah peralihan dari jalur selatan ke jalur pantura menuju tol Pejagan ini terasa mulai di Pekuncen. Pasalnya menjelang Bumiayu ada beberapa pasar tumpah dan pertigaan, seperti di jalan masuk ke waduk Penjalin di Winduaji, pertigaan menuju Kaligua, dan adanya perlintasan kereta api di Kretek Kecamatan Paguyangan.

Selepas Bumiayu kendaraan tersendat di jalan lingkar karena banyak pertigaan dan persimpangan, seperti sejumlah pertigaan dan perempatan di jalan lingkar Bumiayu, pertigaan Kaligadung dan pertigaan pasar Linggapura. Selepas Linggapura kendaraan lebih lancar sampai tersendat lagi di perlintasan kereta api Kutamendala dan Klonengan Prupuk.

Sejumlah pemudik dengan kendaraan pribadi dari Purwokerto, Purbalingga dan Banjarnegara yang akan kembali ke Jakarta memilih jalur alternatif Purbalingga – Bobotsari – Belik – Randudongkal – Pemalang untuk menghindari kemacetan di jalur Ajibarang-Bumiayu, sekalipun kondisi jalan lebih sempit dan banyak jalan menikung dan naik turun.

Jalur alternatif lain yang bisa diambil adalah Wangon – Banjarpatroman – Ciamis – Majalengka – Kadipaten kemudian masuk tol Cipali. Hanya saja jalur ini lebih sepi dan melewati hutan antara Ciamis – Majalengka. Namun dalam kondisi Ajibarang – Bumiayu – Prupuk – pintu tol Pejagan tersendat jalur ini bisa menjadi alternatif yang lebih cepat menuju Jakarta. “Di Ciamis saya diarahkan oleh petugas untuk mengambil ke kanan menuju Majalengka, menghindari macet di Nagreg”, kata Damar pemudik dari Purwokerto yang semula akan menuju Jakarta via jalur selatan Bandung via tol Cipularang. (BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.