Cilacap : 4300 ha sawah terancam kekeringan, 20 ribu warga krisis air bersih

sawah keringBanyumasNews.com – Sebanyak 4.300 hektar sawah di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan terancam kekeringan. Sebagai penopang suplai beras untuk beberapa kabupaten di wilayah Jawa Tengah bagian selatan, lahan sawah Cilacap merupakan yang terluas di Jawa Tengah. Data Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cilacap menunjukkan per Mei 2015 luas sawah di Kabupaten Cilacap mencapai 55.799 ha atau 7,7 % sawah di Jawa Tengah.

Lahan sawah yang terancam kekeringan di Cilacap per tanggal 15 Juli tercatat seluas 4.300 hektar. Namun belum ada laporan puso atau gagal panen, kata salah seorang PNS Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap, dikutip detik.

Krisis Air Bersih

krisis air bersihSementara itu, beberapa pedesaan di sebagian Cilacap juga mengalami krisis air bersih. Sejumlah 20 ribu warga terancam krisis air bersih. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap hingga saat ini sudah mendistribusikan 59 tanki air bersih untuk 20 ribu warga Cilacap yang krisis air bersih terseut.

Mereka tersebar di 4 kecamatan terdampak musim kemarau yang terjadi pada tahun ini, yakni Kecamatan Kawunganten, Bantarsari, Patimuan, dan Kampung Laut. Di Kecamatan Kawunganten antara lain di Desa Kawunganten Lor, Grugu Babakan dan Bringkeng. Di Kecamatan Bantarsari tersebar di Desa Binangun dan Rawa Jaya. Sedangkan di Kecamatan Patimuan krisis air bersih terjadi di Desa Cimrutu, Bulupayung, Rawa Apu, Purwodadi, Cinyawang, Sidamukti dan Patimuan. (BNC/ist/foto:ilustrasi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.