Dukung keselamatan perjalanan, masinis KA di-test urine

ka lodaya (situs ka)BanyumasNews.com – Dalam rangka mendukung keselamatan perjalanan kereta api (KA), khususnya pada masa angkutan lebaran 2015 ini, PT Kereta Api Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, menggelar test urine kepada semua masinis dan asisten masinis guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyalahgunaan narkoba. Demikian dikatakan manajer komunikasi PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono.

Test urine dilakukan kepada crew (masinis dan asisten masinis) yang akan bertugas maupun selesai bertugas yang mengakhiri perjalanan di stasiun Purwokerto. Test dilakukan di Ruang Pembinaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kru Kereta Api dengan menggandeng laboratorium independen. Pengambilan sampel urine pun dilakukan di kamar mandi Ruang Pembinaan, tidak boleh di kamar mandi lain.

Surono mengatakan test urine dilakukan terutama bagi masinis dan masinis yang akan bertugas. Dari 60 orang yang ikut test urine pada Sabtu, 11 Juli 2015, semua dinyatakan negatif. Dia mengatakan jika ada masinis atau asisten masinis yang dinyatakan positif akan diperiksa lebih lanjut di laboratorium guna memastikan zat yang terkandung dalam urine, apakah termasuk golongan narkotika atau bukan narkotika.

Bagi yang diketahui positif menggunakan narkoba PT KAI akan memberi sanksi tegas termasuk pemecatan. (BNC/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.