Tips mudik: Siapkan uang receh, agar tidak perparah antrian keluar pintu tol

pintu tol cipaliBanyumasNews.com – Arus kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Tengah di H-7 lebaran sudah mulai mengalami peningkatan tajam. Dan seperti di prediksi sebelumnya, beroperasinya tol Cikopo – Palimanan (Cipali) memidahkan kemacetan ke ruas jalan berbeda. Dilaporkan terjadi kemacetan parah di gerbang keluar Tol Cipali, hingga memerlukan waktu 1,5 jam untuk keluar Tol Cipali yang baru beroperasi sebulan itu.

Antrian di di gerbang itu ditengarai karena proses pembayaran uang di loket pembayaran yang jumlahnya agak susah untuk mencari pecahan uangnya. Besar pembayaran Rp 72 ribu, lazimnya dengan pecahan uang 50 ribuan, 20 ribuan, dan 2 ribuan. Namun tidak selalu si pengguna jalan memiliki kombinasi pecahan seperti itu. Bahkan bisa jadi kebanyakan dengan uang pecahan 1 lembar 100 ribuan atau 2 lembar 50 ribuan, sehingga harus ada proses pengembalian. “Ini yang membuat antrian tambah panjang karena lama di pembayaran”, kata Amirudin pemudik asal Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah.

Sejak pagi ini sekitar pukul 05 WIB antrian panjang terjadi hampir 13 km di pintu keluar tol Cipali. Selepas dari antrtian panjang di gerbang keluar tol Cipali, perjalanan kembali lancar hingga Brebes dan bisa melaju denhan lancar.

Dikabarkan, sebagai solusi antiran yang panjang di pintu keluar tol Cipali Dirut Jasa Marga Adityawarman mengatakan akan menyediakan petugas penukaran uang menjelang pintu keluar Tol Cipali untuk mencegah penumpukan kendaraan. Namun apakah ini akan menyelesaiakn masalah? Karena penukaran uang justeru bisa menimbulkan antrian baru.

Karena itu, Anda yang masih mempersiapkan mudik, sebaiknya siapkan banyak pecahan rupiah (receh) untuk antipasti bayar tol. Juga untuk bayar ‘toilet’ di rest area yang sudah tersedia di beberapa lokasi sepanjang tol Cipali. (BNC/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.