Aneka makanan khas lebaran Nusantara yang paling disuka

BanyumasNews.com – Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi hari paling istimewa bagi kaum muslimin sedunia. Saling bersilaturami di antara keluarga dan handai taulan, kerabat dan sanak saudara menjadi tradisi yang berkembang menjadi adat istiadat. Tentu di sela silaturahmi tak lupa ada hidangan lebaran dan makanan serta kue khas lebaran. Di tiap daerah memiliki makanaan khas-nya sendiri, namun makanan spesial di hari yang special yang selalu ada di hampir semua kalangan masyarakat Indonesia adalah menu wajib seperti opor ayam dan ketupat.

Lalu apa makanan khas dari masing-masing daerah di Indonesia di saat lebaran? Di Banyumas ada kue  jenang jaket (jenang asli ketan), yang disajikan oleh sebagian keluarga saat lebaran tiba. Bagaimana dengan daerah Anda? Kita lihat yuk makanan khas lebaran di Nusantara seperti dimuat di lebaran.com.

1. Semur Betawi – Jakarta

semur betawiKita mulai dari ibukota Jakarta alias Betawi. Semur Betawi termasuk menu favorit bagi orang Betawi. Ada dua jenis bumbu yang digunakan untuk memasak semur Betawi yaitu bumbu untuk bahan tumis, dan juga bumbu sebagai pelumur. Bahan utamanya terdiri dari daging sapi yang dipotong-potong dan disajikan dengan kuah kecap (nyemek) atau basah tapi tidak cair. Disajikan dengan ebi, membuat Semur Betawi makin menggoda selera.

2. Kella Pate – Madura

kella pateLontong tak hanya bisa ditemani oleh opor ayam. Kella Pate yang merupakan makanan khas Madura ini juga tak kalah menggoda untuk menjadi teman lontong dan ketupat. Terbuat dari bahan ikan tenggiri yang digoreng terlebih dahulu, kemudian dimasak dengan santan dan berbagai racikan bumbu. Bukan hanya ikan tenggiri, ada pula bahan lain yaitu kepiting, sehingga disebut Kella Pate Kopeteng.

3. Ayam Gagape – Makassar

ayam gagape makassarKalau di Jawa lebih tersohor opor ayam, lain lagi di Makassar. Ayam Gagape juga dijadikan teman untuk menyantap ketupat maupun lontong. Makanan ini mengalami dua kali proses masak yaitu pertama direbus dengan daun salam, serai, lengkuas, dan kunyit kemudian baru dicampuri dengan bumbu tumis dan dimasak menggunakan santan. Cukup merepotkan sepertinya, tapi itulah indahnya Indonesia dengan segala perbedaannya.

4. Kuah labu – Aceh

kuah labu acehMeskipun bernama labu, tapi bukan berarti makanan ini hanya berisikan labu semata. Kuah Labu Aceh terbuat dari iga sapi yang menggunakan kuah santan. Sangat cocok pula menemani menyantap ketupat. Kalau dilihat sepintas, kuah labu Aceh ini mirip dengan gulai yang sering kita jumpai. Sesuai namanya, makanan ini juga diberi tambahan potongan labu yang berjenis labu air.

5. Panggang Haruan – Banjarmasin

haruan panggangMakanan ini juga disebut dengan Haruan Panggang, atau Haruan masak habang. Mungkin juga masih ada nama lainnya. Namun penamaan tersebut merujuk pada sebuah makanan khas asal Banjarmasin yang terlihat sangat menggoda. Ikan gabus adalah bahan utama makanan ini. Jika selama ini anda tidak meliriknya, maka anda bisa mencoba panggang haruan untuk mengetahui kelezatannya.

Di atas baru 5 masakan dari Pulau Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Bagaimana dengan daerah Anda? Silahkan posting di komentar yah… supaya yang lain bisa ikut mencoba membuatnya.

Selamat merayakan idul fitri bersama keluarga tercinta. (BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.