Apa agenda kunjungan Presiden Jokowi di Cilacap dan Purwokerto?

jokowiBanyumasNews.com – Presiden Joko Widodo Sabtu 30 Juni 2015 diagendakan berkunjung ke Cilacap dan Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Agenda Jokowi di Cilacap dipusatkan di pantai Teluk Penyu, dimana Jokowi dijadwalkan meresmikan kartu Badan Penyelengga Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan operasional penuh.

BPJS oerasional penuh adalah tambahan program layanan BPJS Ketenagakerjaan dari sebelumnya ada 3 layanan jaminan, yaitu jaminan Kecelakaan Kerja, jaminan Kematian dan jaminan Hari Tua akan bertambah satu jaminan lagi yaitu jaminan pensiun. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Kepala Divisi Komunikasi BPJS Pusat, Abdul Kholik. Jaminan pensiun BPJS akan resmi berlaku mulai 1 Juli 2015.

Peluncuran BPJS operasional penuh akan ditandai dengan pemberian iuran bulanan secara cuma-cuma kepada 5000 nelayan Cilacap, yang dikatakan Abdul Kholik sebagai stimulus.

Seperti diketahui, setelah BPJS Kesehatan beroperasi penuh pada 1 Januari 2014 lalu, pemerintah siap mengoperasikan secara penuh BPJS Ketenagakerjaan mulai 1 Juli 2015. BPJS Ketenagakerjaan akan menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Dikutip dari setkab.go.id, Dirut BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G. Masassya mengemukakan, peresmian beroperasinya penuh BPJS Ketenagakerjaan akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Cilacap, Jawa Tengah, pada 30 Juni 2015.

Dari komplek wisata Teluk Penyu Cilacap, agenda Presiden Jokowi selanjutnya adalah mengunjungi wilayah perkotaan Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Ada spekulasi yang mengatakan Jokowi akan mengunjugi Pasar Manis Purwokerto.

Kesibuakan aparat keamanan untuk menyambut kunjungan Presiden Jokowi di Purwokerto sudah tampak sejak Senin siang (29/6/15), seperti di perempatan Palma sejumlah polisi menutup jalan Jenderal Sudirman yang mengarah ke alun-alun Purwokerto (pendopo kabupaten). Sejumlah anak sekolah yang ada aktifitas pada Selasa 30 Juni 2015 pun diminta oleh pihak sekolah untuk membawa bendera merah putih. Seperti siswa baru SMA Negeri 1 Slawi yang besok melaksanakan test psikologi untuk keperluan penjurusan, usai psikotest diminta tidak langsung pulang, namun tetap tinggal di sekolah menyambut kedatangan Presiden Jokowi. “Besok setelah psikotest gak boleh pulang dulu, katanya ada Jokowi”, kata Salsa salah satu siswa baru SMA Negeri 1 Purwokerto.

Selamat datang di tlatah Banyumas, Presiden Jokowi!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.