Roti bakar ala Bandung hiegenis di Purwokerto: 3FA

roti bakar1

Anda suka makan roti bakar? Rasa apa yang paling Anda suka? Keju, kacang, coklat? Apapun rasa yang Anda suka, yang jelas roti bakar memang salah satu makanan atau jajanan yang banyak disukai. Enak dimakan untuk teman medang, minum teh atau kopi, baik bersama teman, dengan keluarga muapun kala sendiri. Dan di kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, kita tidak perlu bingung berburu roti bakar, karena penjual roti bakar banyak mangkal di berbagai ruas jalan.

Sebagai makanan yang umumnya dijual dengan menggunakan gerobak di pinggir jalan, kadang muncul atau terbersit sedikit keraguan, apakah roti bakar yang kita santap sehat / hiegenis. Apakah peralatan masaknya bersih, bahan yang digunakan belum kedaluwarsa, dan juga tempat dagangnya kumuh atau bersih. Tentu kita ingin asupan makanan atau jajan yang sehat, selain tentunya harus maknyus alias lezat tentunya.

Nah salah satu penjual roti bakar yang sangat memperhatikan kebersihan adalah roti bakar 3FA, roti bakar ala Bandung yang ada di depan bengkel mobil Benz AC, di seberang SPBU Berkoh, Jalan Sudirman timur, Purwokerto.

roti bakar purwokerto
Gerobak roti bakar 3FA Pak Poniman, didesign sendiri (Tyo)

Roti bakar milik Pak Poniman ini pertama kali dibuka pada tahun 2012. Awalnya Pak Poniman membuka gerai gerobak di depan RSUD Margono (dekat pangkalan taksi). Sekarang roti bakar ala Bandung 3FA memiliki cabang di Berkoh, tepatnya di seberang SPBU Berkoh, di depan bengkel Benz AC, yang dibuka sejak 6 bulan yang lalu.

Roti bakar ala Bandung 3FA menyediakan 21 varian rasa, dengan harga mulai Rp 9000 sampai Rp 17000. Dalam sehari menurut Pak Poniman bisa menghabiskan 45 bungkus roti. Selain roti bakar, Pak Poniman juga menyediakan berbagai macam minuman dan susu segar. Kehadiran roti bakar 3FA telah menambah khasanah kuliner Purwokerto dan kuliner Banyumas umumnya.

harga roti bakar 3faKeistimewaan roti bakar 3FA ala Bandung milik Pak Poniman ini, pemiliknya sangat memperhatikan kebersihan dari mulai peralatan, bahan makanan, dan tempat dagang. Walaupun mengambil lokasi di depan bengkel mobil, tidak ada kesan jorok atau kumuh.

Menurut pengamatan BanyumasNews.com, Pak Poniman selaku pemilik usaha, luar biasa perhatiannya pada kebersihan. Di tempat jualan-nya, tidak ada bekas ceceran misis, bekas parutan keju dan bahan lain di gerobaknya. Bahkan lelehan susu di kaleng juga tidak ada alias bersih.

Roti bakar 3FA: tidak ada ceceran bahan (Tyo)
Roti bakar 3FA: tidak ada ceceran bahan (Tyo)

Pak Poniman kepada BanyumasNews.com mengatakan, ia sendiri mengurus usaha roti bakar 3FA, dari mulai design gerobak, perakitan sampai finishing dilakukan sendiri. Bahkan untuk pembelian bahan pun masih dilakukan sendiri.

Roti bakar ala Bandung Pak Poniman mulai buka dari pukul 17.00 WIB sampai tengah malam, sekitar pukul 00.00 WIB.

Boleh dicoba mampir ke sini nih … (BNC/Tyo)

Pak Poniman sedang mempersiapkan bahan (Tyo)
Pak Poniman sedang mempersiapkan bahan (Tyo)

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.