Barcelona klub terbaik dekade ini

5 champions barca

Dengan meraih gelar ke-5 di Liga Champions, pada final di Berlin 7 Juni 2015 (Minggu dini hari WIB), Barcelona kini mengklaim sebagai klub terbaik dekade ini.

Dikutip dari situs resmi klub, dengan lima kemenangan Barcelona di delapan laga final Liga Champions  (atau nama lain untuk kejuaraan ini), klub Catalan kini sejajar dengan Liverpool dan Bayern melalui mimpi satu dekade. Kelima juara Liga Champions itu diraih dalam final di London, Paris, Roma, London lagi dan sekarang Berlin.

FC Barcelona mengalahkan Juventus dan memenangi gelar Liga Champions kelima (meski kompetisi ini tidak dikenal dengan nama sama saat mereka memenanginya untuk pertama kali). Artinya, tim Catalan kini memiliki satu gelar lebih banyak dari Ajax dan sejajar dengan Liverpool dan Bayern Munich di catatan sejarah Liga Champions.

Sejarah menakjubkan Barcelona abad 21

Memasuki abad 21 telah menjadi waktu yang menakjubkan bagi FC Barcelona, ketika empat dari lima gelar Liga Champions dimenangi (2006, 2009, 2011 dan 2015). Di abad sebelumnya, tim Catalan hanya mencicipi kesuksesan satu kali, di tahun 1992.

Sebelum tahun 1992 Barça kalah di dua laga final, dari Benfica di Berne (1961) dan dari Steaua Bucharest di Sevilla (1986). Di waktu lain Barça kalah di final adalah ketika melawan AC Milan di Athena (1994). Dengan demikian total Barcelona mencapai final 8 kali, dan 5 di antaranya dimenangkannya.

second treble barca

Klub terbaik di dekade kali ini

Selama 60 tahun sejarah European Cup, ada dua tim yang memiliki gelar lebih banyak dari Barça, yaitu Real Madrid (10) dan AC Milan (7). Namun dengan empat gelar di satu decade terakhir, tak diragukan lagi posisi Barca di decade ini. Pada saat Barça memenangi trofi empat kali dalam 10 tahun terakhir, tidak ada tim lain yang bisa melakukan hal sama, dengan enam gelar lainnya dibagi bersama AC Milan, Manchester United, Inter Milan, Chelsea, Bayern Munich dan Real Madrid.

Dengan kememangan Liga Champions 2015, FC Barcelona sekarang telah mengantungi 39 gelar Eropa secara menakjubkan. (BNC/ist/fcb)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.