Misao Okawa ultah ke 117, siapa saja manusia tertua di dunia?

misoa okawaMenurut catatan rekor dunia Guinness World Records, orang tertua di dunia dipegang oleh Misao Okawa dari Jepang yang kini berusia 117 tahun. Ia juga perempuan tertua di dunia, yang merayakan hari ulang tahun di rumahnya di Osaka, Jepang, Kamis (5/03/15). Okawa memiliki tiga anak, empat cucu dan enam cicit.

Okawa yang lahir pada 5 Maret 1898 adalah satu dari sedikit orang yang lahir di awak abad ke-19 yang masih hidup sampai saat ini. “Dia terlihat masih sehat,” ucap seorang pejabat lokal yang mengunjungi Okawa pada AFP.

Okawa merayakan ulang tahun bersama keluarga besar tercinta. Anggota keluarga yang hadir termasuk anak tertuanya Hiroshi, 92, dan cicit berumur dua tahun.

Pejabat lainnya, Takehiro Ogura, datang ke rumah Okawa sambil membawa karangan bunga. “Selamat ulang tahun. Apakah (hidup selama 117 tahun) cukup lama?” tanya dia.

“Pendek,” jawab Okawa singkat, yang mengenakan kimono berwarna merah muda dengan motif bunga sakura.

Saat ditanya apakah selama 117 tahun terakhir telah menemukan rahasia hidup panjang, Okawa menjawab: “Wah, saya tidak tahu.”

Jepang, negara dengan banyak warga yang berumur panjang, juga memiliki pria tertua di dunia — Sakari Momoi, 112 tahun.

Menurut Kementerian Kesehatan Jepang pada 2013, harapan hidup perempuan di Negeri Sakura adalah 86,61 tahun, terpanjang di dunia. Sementara harapan hidup prianya 80,21, terpanjang keempat di dunia.

Daftar orang-orang tertua di dunia selain Misao Okawa

1. Johanna Mazibuko

Tentang siapa sajakah manusia tertua di dunia, ada nama seorang wanita bernama Johanna Mazibuko, yang pada tahun 2013 dikabarkan berusia 119, dan apabila saat ini masih hidup berarti berusia 121 tahun, lebih tua 4 tahun dari Misao Okawa yang baru saja berulangtahun ke 117. Johanna Mazibuko hidup di sebuah kota kecil barat daya Johannesburg, bisa menjadi orang tertua di dunia.

Johanna Mazibuko (google)
Johanna Mazibuko (Sowetan/google)

Menurut buku identitasnya, Mazibuko lahir pada tahun 1894 dan masih bertahan hidup meski lima dari tujuh anaknya telah meninggal lebih dahulu.

“Tuhan memberikan saya kehidupan yang berlimpah, ditambah bonus. Saya sekarang sangat tua,” katanya seperti yang dikutip koran Afrika Selatan Sowetan.

Mazibuko saat itu diberitakan hidup bersama anak lelakinya, Tseko Mazibuko, berusia 77 tahun di kota Klerksdorp, sekitar 160 km barat daya Johannesburg.

Menurut koran Sowetan, Mazibuko mengaku bangga karena masih mampu merapihkan tempat tidurnya sendiri setiap pagi.

“Saya baik-baik saja,” katanya.

Buku identitasnya, yang dikeluarkan tahun 1986, menunjukkan bahwa tanggal lahirnya adalah 11 Mei 1894.

Kementerian dalam negeri Afrika Selatan belum mengkonfirmasi keaslian dokumen Mazibuko, tetapi kantor berita AFP mengatakan pernah melihat salinannya.

Mazibuko yang merupakan anak tertua dari 10 bersaudara dilaporkan hingga saat itu masih memasak, memakai baju, mencuci dan menonton televisi sendiri tanpa bantuan orang lain.

“Dia bisa bergerak sendiri tetapi tidak bisa berdiri terlalu lama. Dia akan pusing,” kata anak lelakinya kepada Sowetan.

Mazibuko melewati hidupnya pada masa penjajahan Inggris, apartheid dan era demokrasi pimpinan Nelson Mandela yang terpilih menjadi presiden Afrika Selatan di tahun 1994.

2. Sant Kaur Bajwa

Sebelumnya Sant Kaur Bajwa seorang perempuan lainnya yang diyakini sebagai orang tertua di dunia telah meninggal dunia di usia 115 tahun dan 199 hari pada tahu 2013.

Sant Kaur Bajwa (wikipedia)
Sant Kaur Bajwa (wikipedia)

Sant Kaur Bajwa diklaim lahir pada 1 Januari 1898 dan meninggal dunia pada 19 Juli 2013, tercatat sebagai seorang wanita Inggris keturunan Pakistan yang pada saat kematiannya menggugat untuk rekor orang tertua di dunia. Bajwa diklaim berusia 115 tahun 199 hari saat kematiannya. Sementara orang yang ter-verifikasi sebagai orang paling tua saat itu, adalah Misao Okawa dari Jepang. Dengan kenyataan bahwa Misao Okawa saat ini masih hidup, dan berusia 117 tahun, tentunya Misao Okawa terbukti berumur lebih panjang.

Bajwa telah lahir di Sialkot yang sekarang dikenal sebagai Punjab. Bajwa telah kehilangan kedua orang tuanya ketika dia masih muda dan kemudian dibesarkan oleh kakaknya.

Dia menikah pada usia 16 dengan seorang petani Munisha Singh, tapi suaminya meninggal setelah enam tahun pernikahan mereka. Bajwa memiliki empat anak perempuan. Dia pindah ke Southall di London Barat pada tahun 1966, yang hidup dengan putrinya sampai ia meninggal.

3. Jeanne Louise Calment

Rekor orang tertua dalam sejarah adalah Jeanne Calment dari Prancis yang meninggal dunia 4 Agustus 1997 di usia 122 tahun, 164 hari.

Jeanne Calment (Google)
Jeanne Calment (Google)

Jeanne Louise Calment lahir pada 21 Februari 1875 dan meninggal 4 Agustus 1997 pada umur 122 tahun, adalah seorang supercentenarian Perancis yang memiliki umur terpanjang dalam sejarah manusia, hidup sampai usia 122 tahun, 164 hari.

Wikipedia mencatat, dia tinggal di Arles, Perancis, sepanjang hidupnya. Hidup lebih lama dibanding kedua putri dan cucunya selama beberapa dekade. Dia masuk Guinness Book of Records pada tahun 1988, dan pada 17 Oktober 1995 menjadi orang tertua yang pernah ada, telah melampaui Shigechiyo Izumi dari Jepang. Dia adalah satu-satunya orang yang telah mencapai umur lebih dari 120 tahun.

Menurut Calment, ia bertemu pelukis terkenal Vincent van Gogh pada usia 13 tahun, ketika van Gogh ke toko pamannya pada tahun 1888. Dia bertemu van Gogh dalam keadaan yang “kotor, berpakaian buruk dan tidak menyenangkan”.

Demikian daftar orang-orang yang berusia panjang yang hidup di dunia, paling tidak yang tercatat di abad 19 s/d abad 21. (BNC/berbagai sumber)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.