Akun Facebook bisa diwariskan

legacy feature facebookBanyumasNews.ComFacebook, yang merupakan jejaring sosial terbesar di dunia, telah memperkenalkan fitur baru yang mengizinkan para penggunanya mewariskan akun mereka untuk dikelola pengguna lain saat pemilik akun sudah meninggal. Sebagaimana dimuat di newsroom.fb.com, oleh Vanessa Callison-Burch, Product Manager, Jasmine Probst, Content Strategist dan Mark Govea, Software Engineer, ijin ini pertama kali bergulir pada Kamis 12 Februari 2015 lalu. Fitur Legacy Contact, demikian fitur baru ini disebut, memungkinkan user memilih seseorang yang akan mengelola akun mereka setelah mereka meninggal.

Sebelumya, ketika pengguna facebook meninggal, akun meraka hanya akan dijadikan “tempat kenangan” setelah meninggal atau dikunci agar tidak ada seorang pun yang bisa mengakses akun tersebut sama sekali.

Praktik pewarisan akun Facebook pertama kali dimulai di Amerika, di mana para pengguna Facebook dapat memilih “kontak pewaris” untuk menulis di halaman mereka ketika nanti mereka meninggal dunia. Pewaris juga dapat merespon permintaan teman baru dan memperbarui foto mereka.

Meski begitu, pewaris Facebook tidak dapat mengakses pesan-pesan pribadi almarhum. Sebab untuk masuk ke akun orang yang telah meninggal, mereka harus menggunakan akun mereka. Selain itu, sang pewaris pun dapat menghapus akun tersebut jika dia mau.

Orang yang dipilih untuk menjadi pewaris akun tidak akan diberitahu tentang pilihan tersebut sampai akun pengguna yang telah meninggal dijadikan memorial. Facebook juga akan memberi pengingat tahunan akan pilihan pengguna.

“Hari ini(12/02/15 – red) kami memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan orang memilih pewaris kontak-anggota keluarga atau teman yang dapat mengelola akun mereka ketika mereka meninggal” kata facebook di situs resminya.

Sebelum peluncuran fitur ini, ketika seseorang meninggal, Facebook hanya menawarkandiabadikannya akun orang yang meninggal untuk dapat dilihat, tapi tidak bisa dikelola oleh siapa pun. Dengan pembicaraan dengan mereka yang tengah berduka karena kehilangan, Facebook menyadari ada lagi yang bisa dilakukan untuk bersimpati kepada yang sedang berduka. (BNC/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.