Setahun KA Kamandaka layani rute Purwokerto – Semarang

ka kamandakaBanyumasNews.Com – Selasa 17 Februari 2015, adalah tepat satu tahun pengoperasian kereta api (KA) Kamandaka, rute Purwokerto – Semarang Tawang. Sejak launching setahun lalu KA Kamandaka mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat Purwokerto, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan dan Semarang, sehingga sejak 19 Desember 2014, jadwal keberangkatan menjadi tiga kali. Dari Purwokerto KA Kamandaka berangkat pukul 05.00, 11.00, dan 17.50 WIB. Demikian pula sebaliknya dari Semarang Tawang berangkat pada jam yang sama.

Latar belakang penambahan jam keberangkatan seperti disampaikan Manajer Corporate Communication PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, adalah okupansi rata-rata KA Kamandaka mencapai 105 persen setiap harinya. “Bahkan pada hari-hari tertentu seperti Sabtu, Minggu dan Senin bisa mencapai lebih dari 140 persen,” ujarnya .

Dia mengemukakan, tingginya tingkat okupansi yang melebihi 100 persen disebabkan banyaknya penumpang yang turun dan naik secara dinamis di stasiun antara seperti Bumiayu, Slawi, Tegal, Pemalang dan Pekalongan. “Meskipun okupansi total lebih dari 100 persen, namun dijamin tidak ada penumpang yang berdiri. Secara riil kita tetap membatasi penumpang sesuai jumlah tempat duduk,” kata Surono.

Kini masyarakat Purwokerto, Kabupaten Banyumas, dan masyarakat Bumiayu, Kabupaten Brebes, Slawi, Tegal, Pemalang, Pekalongan, hingga Semarang lebih leluasa bepergian dengan kereta ekonomi AC Kamandaka ini. (BNC/phd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.