Klawing Center hadir di Jakarta

batu klawingBanyumasnews.com – Para pecinta batu klawing yang ada di Jakarta tidak perlu bingung mencari batu akik yang berasal dari Sungai Klawing Purbalingga. Pasalnya para pecintanya di Jakarta membentuk Jakarta Klawing Center (JKC), yang bertempat di lantai 3 Pasar Permai, Jl. Lorong Permai No. 104, Koja, Jakarta Utara. JKC ini akan menjadi pusat penjualan batu klawing di Jakarta.

Menurut Burhanudin, salah seorang pecinta batu klawing di Jakarta, pembentukan JKC ini berawal saat seorang pedagang batu klawing dari Purbalingga bertemu dengan satpol PP Jakarta. Satpol yang berasal dari Purbalingga itu kemudian menawarkan kios di Pasar Permai. Gayung bersambut, tawaran itu diterimanya dan sampai saat ini sudah ada 9 kios yang ditempati pedagang batu klawing dari Purbalingga.

“Dengan adanya kios, penjualan batu klawing semakin meningkat sehingga dibentuklah JKC,” ujar Burhanudin seperti dilansir kotaperwira.com pada saat acara sambung rasa kerjasama antara Pemerintah Daerah Purbalingga dengan RRI Purwokerto di Gedung Graha Adiguna, pertengahan Januari lalu.

Kios Pasar Permai yang di berikan oleh pengelola pasar untuk ditempati sebanyak 40 kios sehinga masih banyak peluang bagi pedagang batu akik disana. Hanya membayar uang administrasi sebesar Rp 400 ribu dan membayar retribusi Rp 4 ribu perhari pedagang sudah bisa mendapatkan satu kios.

Pemkab Purbalingga sangat mensupport promosi batu klawing dan melihat sebagai peluang ekonomi yang akan meningkatkan kesejahteraan warganya. Melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM pada tahun 2015, akan digelontorkan dana sebesar Rp 900 juta untuk UKM Batu Klawing. Bantuan ini nantinya dalam bentuk alat, etalase dan pelatihan yang diberikan kepada kelompok. (BNC/phd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.