Pameran batu mulia Banyumas Raya diserbu ribuan pengunjung

batu mulia  nusantaraPURWOKERTO – Anda pecinta batu mulia, baik pecinta atau peng-hoby lama yang ingin menambah koleksi maupun Anda yang baru ‘demam’ dengan berbagai jenis batu mulia, akik, dan jenis batuan lainnya, sebaiknya tidak melewatkan pameran batu mulia Banyumas Raya yang digelar oleh Paguyuban Pengrajin dan Pedagang Watu Aji “Brojomusti” Banyumas yang didukung oleh Deperindagkop Kabupaten Banyumas. Pameran diadakan di Balai Kelurahan Purwokerto Kulon berlangsung mulai hari ini (8/01) dan akan berakhir tanggal Minggu (11/01).

Imam Suryono dari Brojomusti mengatakan, jumlah peserta pameran ada 76 stand, yang berasal sekitar 40 persen peserta dari luar Banyumas seperti dari Jakarta (Narji Ccommunity), Bandung, Garut dan sekitar 60 persen dari peserta Banyumas dan sekitarnya. Berbagai jenis batuan nusantara seperti dari Aceh, Kalimantan, Halmahera, Garut, Banten dipamerkan dalam gelaran ini, tak ketinggalan tentunya batu mulia dari lokal Banyumas Raya seperti batu Kali Klawing Purbalingga dan batu Luk Ulo Kebumen.

Pameran ini mengakomodir trend hoby batu mulia yang merebak di Purwokerto dan sekitarnya. Ke depan, lanjut Imam, akan diadakan gelaran yang lebih besar dengan meminta dukungan dari pihak pemerintah untuk memaksimalkan potensi daerah akan batu mulia ini.¬† “Pameran ini sebagai upaya pemberdayaan dan peningkatan ekonomi para pengrajin di Banyumas”, kata Imam kepada Banyumasnews.com.

Pameran batu mulia di Kelurahan Purwokerto Kulon (@puadhasan)
Pameran batu mulia di Kelurahan Purwokerto Kulon (@puadhasan)

Di hari pertama pameran, jumlah pengunjung mencapai ribuan dan diperkirakan akan meningkat lebih banyak lagi pada hari Sabtu dan Minggu. Apalagi lokasi pameran sangat dekat dengan pusat perbelanjaan MORO (tepat di belakang Moro) yang selalu ramai pengunjung dari Purwokerto dan sekitarnya seperti dari Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, dan Bumiayu.

Di pameran ini pengunjung bisa membeli batu mulia atau batu akik yang sudah jadi aneka perhiasan, selain bisa membeli bahan atau material yang belum jadi. Harganya sangat bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta. (BNC/phd)

salah sau stand pameran (@puadhasan)
salah sau stand pameran (@puadhasan)
suasana pameran sangat ramai (@puadhasan)
suasana pameran sangat ramai (@puadhasan)
mesin pembuat batu akik yang ikut dipamerkan (@puadhasan)
mesin pembuat batu akik yang ikut dipamerkan (@puadhasan)

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.