‘Brekecek’, Kuliner Khas Cilacap Hadir di Hotel Dafam

menikmati brekecek di hotel Dafam CilacapCILACAP – Aneh, asing dan terdengar unik , “Brekecek” , makanan khas kota Cilacap (Jateng) ini hadir di Hotel Dafam Cilacap. Mengusung tema melestarikan kuliner khas daerah kota Cilacap, ‘ Brekecek’ dikemas begitu apik di Hotel Dafam Cilacap. Penasaran kan ? apa sebetulnya “Brekecek “ itu berasal `dari kata ‘brek’ yang artinya dijatuhkan atau diletakan, dan ‘Kecek” yang artinya dikecek-kecek bumbunya.

“Brekecek di Cilacap identik dengan kepala ikan Jahan, atau dalam bahasa Banyumasan dikenal dengan nama “Pathak Jahan”. Seninya menikmati brekecek adalah dengan menyeruput pathak’ atau kepala ikan tersebut ,” kata public relation Hotel Dafam Cilacap, Heni Fbriyanti, Rabu (2/10/2014).

Kepala ikan Jahan atau pathak tersebut dicampur dikecek dengan bumbu khas , dan cita rasa brekecek ini hampir menyerupai rasa rica–rica, namun tentunya berbeda karena memiliki sesuatu yang berbeda didalamnya . Tersentuh dengan keunikan ‘Berkecek’ ini , Hotel Dafam Cilacap , tergerak untuk mengangkat dan menjadikan ‘Berkecek ikan ini ‘ menjadi menu andalah di hotel . Tak lain dan tak bukan, ingin lebih memperkenalkan kulinar khas kota Cilacap ini yang memang sangat kaya dengan hasil laut.

Bertajuk “Festival Brekecek” digelar launching promo makanan tersebut , yang memang lebih menonjolkan ikan , namun tak kalah menariknya brekecek ini disajikan lebih variatif dengan udang, cumi, daging dan ayam serta hasil laut yang lain. Dengan harga yang terjangkau, menu ini diharapkan dapat memenuhi keingintahuan tamu hotel maupun pengunjung yang sengaja ingin makan di restaurant Hotel Dafam , akan menu khas ‘nya kota Cilacap.

Launching promo ‘Brekecek ‘ ini mengundang semua corporate, mitra, tamu longstay dan rekanan Hotel Dafam Cilacap. Dengan kemasan acara sederhana di Orchid lounge and Bar, dan diiringi alunan live music acara promo brekecek ini berjalan lancar, hampir dari semua tamu yang hadir sangat appreciate terhadap Hotel Dafam Cilacap ,karena mereka menilai promo ini membantu Pemda setempat untuk mengangkat secara khusus kuliner khas daerah. “Sajian brekecek ini dapat dinikmati disetiap breakfast di Rafless Resto, dan setiap hari tentunya mulai dari jam makan siang,” kata Heni.

Ditambahkan Heni, ‘Brekecek’ di jadikan menu andalan dan masuk dihotel bintang tiga, harapannya mampu mendongkrak perkembangan wisata kuliner di kota Cilacap ini yang notabene kota penghasil ikan dan kota nelayan. “Kedepannya orang akan semakin mengenal “Brekecek” bukan hanya didaerah namun bisa mendunia karena citarasa yang khas dengan bahan-bahan yang mudah didapat tentunya,” tambahnya. (BNC)

 

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.