Buang Bahrun Raih Penghargaan Pelestari Lingkungan

Buang Bahrun saat menerima penghargaan yang diberikan oleh Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto
Buang Bahrun saat menerima penghargaan yang diberikan oleh Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Berawal dari keprihatinnya terhadap kondisi lingkungan, khususnya semakin berkurangnya pohon sebagai pencegah berbagai bencana tanah longsor dan banjir, Buang Bahrun warga RT 02 RW 01 Desa Sirandu Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga termotivasi untuk memperbaiki kondisi tersebut dengan menanam berbagai pohon di lahan kritis milik masyarakat setempat.
“Kondisi pepohonan yang semakin kritis itulah, sehingga saya tergerak untuk menanam pohon milik warga masyarakat yang sudah memprihatinkan. Karena mayoritas wilayah disekitar desa berupa perbukitan, maka untuk mencegah dari berbagai bencana saya rintis penanaman berbagai jenis pohon,” kata Buang Bahrun, usai menerima piagam penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Perintis Lingkungan Tingkat Propinsi Jawa Tengah, yang diberikan oleh Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto pada upacara peringatan Hari Jadi Propinsi Jawa Tengah di halaman Pendapa Dipokusumo, Jumat (15/8).
Buang menuturkan, setelah dirinya lama merantau bekerja ke Sumatera, ketika pulang ke kampung halamannya merasa prihatin melihat keadaan serta perkembangan lingkungan di desanya. Lahan kritis dibirkan tanpa ditanami pepohonan,sehingga menjadi inspirasi dirinya untuk berusaha membenahi keadaan tersebut.

“Pada awal sekitar tahun 2002, saya bersama warga mencoba menanam berbagai pohon di lahan yang sudah kritis. Penanaman pohon selain dilakukan di areal kritis, di sekitar sumber mata air juga kami tanami pohon, karena untuk melindungi sumber air dari kekeringan,”katanya.
Untuk itu, sambung Buang, dirinya meminta dukungan serta bantuan dari pemerintah, baik Gubernur Jawa Tengah, maupun Bupati Purbalingga, agar kegiatan yang telah dirintisnya jangan sampai terhenti.

“Harapan saya pemerintah dalam hal ini gubernur ataupun bupati setidaknya bisa mengalokasikan anggaran rutin untuk meneruskan kegiatan tersebut, agar usaha pelestarian lingkungan yang saya rintis ini terus berjalan, serta memberikan manfaat untuk masyarakat,”harapnya. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.