Ketua KPU Husni Kamil Dapat Peringatan Keras

hsuni kamil penjahatJAKARTA-Ketua Komisi Pemilihan Umum, Husni Kamil mendapat peringatan keras terkait kebijakan pembukaan kotak suara. Selain Husni mendapat peringatan juga seluruh anggota KPU .

Dengan begitu Majelis Sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dua kali menjatuhkan sanksi.

“Menjatuhkan sanksi berupa peringatan kepada Teradu I, Teradu II, Teradu III, Teradu IV, Teradu V, Teradu VI, dan Teradu VII atas nama Husni Kamil Manik, Ferry Kurnia Rizkiansyah, Ida Budhiati, Arif Budiman, Hadar Nafis Gumay, Sigit Pamungkas, dan Juri Ardiantoro sejak dibacakannya putusan ini,” ujarnya.

Husni dinilai melakukan pelanggaran kode etik dalam penyelenggaraan pemilihan presiden 2014.

Anggota Majelis Sidang, Valina Singka Subekti mengatakan, sanksi berupa
peringatan kepada Husni Kamil Manik selaku Ketua KPU sepanjang menyangkut ketidakhadiran dalam Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014.

“Pokok perkara yang menyebabkan Husni diperingatkan, pertama adalah karena dia lebih memilih hadir pada acara Konferensi Nasional Hukum Tata Negara di Sawahlunto, Sumatera Barat 29-31 Mei 2014 daripada rapat pleno,” tegas Valina Singka Subekti, di Kementerian Agama,
Jakarta, Kamis (21/08).

DKPP meyakini Husni mengetahui jadwal dan tahapan pemilu presiden dan wakil presiden 2014, termasuk tahapan pendaftaran, penetapan, dan pengumuman pasangan calon presiden dan wakil presiden. Oleh karena itu, tindakan tersebut nyata-nyata dinilai menunjukkan tidak adanya sense of priority dari Husni.Teradu I terbukti telah melanggar ketentuan Pasal 15 huruf d dan huruf e kode etik penyelenggara pemilu.(iin/vvn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.