Mancing Bersama Peringati HUT ke 69 RI di SMPN 1 Bukateja

Horeee…Aku Dapat Ikan Lele”

Mancing bersama di saluran irigasi  depan SMPN 1 Bukateja di Jalan Purwandaru, Bukateja, Purbalingga, Minggu (17/8).
Mancing bersama di saluran irigasi depan SMPN 1 Bukateja di Jalan Purwandaru, Bukateja, Purbalingga, Minggu (17/8).

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Suasana panas dan terik   siang itu, tak mempengaruhi kemeriahan acara mancing bersama yang diikuti kurang lebih 800 siswa, dewan guru dan karyawan SMPN 1 Bukateja, Purbalingga. Kegiatan yang dipusatkan di saluran irigasi depan SMPN 1 Bukateja itu  diselenggarakan seusai mereka mengikuti upacara bendera HUT ke 69 kemerdekaan RI, Minggu (17/8).

                Selain untuk menyemarakkan HUT ke 69 RI, kegiatan itu juga dalam rangka kampanye gemar makan ikan (Gemari) yang belakangan gencar dilakukan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Purbalingga. Sebanyak tiga kuintal ikan lele ditebar di sepanjang  saluran irigasi, yang dibendung sepanjang kurang lebih 100 meter.

Ikan sebanyak itu merupakan sumbangan dari alumni SMPN 1 Bukateja tahun lulusan 1987 yang dimotori oleh Lili Dwi Haryanto S.Pi dan Mukodam S.Pt yang juga Kepala Kantor Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (KPMPT) Purbalingga, BKK Bukateja dan Dinas  Perikanan dan Peternakan Purbalingga.

                Sebelum ikan ditebar oleh Kepala SMPN 1 Bukateja, Wasis Sudiantoro S.Pd yang didampingi Lili Dwi Haryanto, para siswa yang sudah mempersiapkan alat pancing dari rumah dan umpannya,  berjajar di sepanjang saluran irigasi. Ada yang mengenakan pakaian olah raga, OSIS dan Pramuka, serta para guru mengenakan seragam Korpri, mereka memasang alat pancing sambil duduk maupun berdiri di atas rerumputan.

                Begitu ikan ditebar, aksi mancing bersama pun dimulai. Perlahan namun pasti, satu per satu pemancing mulai mendapatkan ikan lele.

                “Hore…..aku dapat ikan lele.Lumayan, sudah dapat lima,” ujar Nugroho, salah satu siswa.

                Tak mau kalah dengan siswanya, Sodery  S.Pd juga piawai mancing. Menggunakan umpan cacing, dan alat pancing sederhana, baru mencing selama kurang lebih 30 menit, guru Bahasa Inggris ini  sudah berhasil mendapatkan tujuh ikan lele.

                “Lumayan, bisa untuk lauk anak di rumah,”  ujar Sodery.

                Semakin siang, tak hanya para siswa dan jajaran dewan guru yang ikut mancing, juga warga di sekitar. Mereka berbaur jadi satu untuk berebut mendapatkan ikan lele.

                Kegiatan mancing bersama ini, diakui Kepala SMPN 1 Bukateja, Wasis Sudiantoro  baru pertama kali digelar pihaknya. “Tanggapan para siswa dan masyarakat bagus.Ke depan, setiap memperingati   HUT RI, akan kami agendakan acara mancing bersama ini, dengan jumlah ikan lebih banyak lagi,”  ujar Wasis Sudiantoro.

                Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan Purbalingga, Siswanto S.Pt yang didampingi Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Dinas Perikanan dan Peternakan Purbalingga, Bambang Tedjo S.Pi sangat mendukung kegiatan mancing bersama ini.

                “Kami merasa terbantu lewat kegiatan ini, untuk memasyarakatkan gerakan gemar makan ikan. Kami berharap, untuk menghasilkan generasi yang cerdas, para pelajar agar gemar makan ikan. Dan kami menaruh apresiasi yang tinggi atas kegiatan yang digelar SMPN 1 Bukateja ini,” ujar Siswanto. (pt)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.