Lebaran Ketupat Warga Ciberung Ajibarang

??????BANYUMAS (BanyumasNews.Com) _ Ternyata lebaran belum berakhir bagi sebagian warga di Banyumas,  Jawa Tengah. di tempat ini warga masih melakukan salad id dan menggelar makan bersama. Salah satu ciri khasnya makanan dengan ketupat dari janur kuning.

Sejumlah masjid Desa Ciberung Kecamatan Ajibarang Banyumas Senin (04/08)  pagi
menyelenggarakan shalat di masjid desa setempat.mereka menyebutnya sebagai shalat ngidki atau shalat enam hari setelah memasuki syawal. Meski hanya diikuti puluhan warga, namun warga tampak khusuk dan hikmat melaksanakan tradsi ini.

Uniknya, kegiatan yang dikenal dengan nama lebaran ketupat ini, mereka yang sahalat hanya para pria saja. Inipun mereka yang sudah tergolong tua. Sedangkan shalatnya tidak seperti Idul Fitri yang hanya dua rakaat, pada lebaran ketupat shalat dilakukan 12 rakaat.

Sementara itu para ibu di desa itu telah menyiapkan makanan untuk disantap bersama di dalam masjid. makanan khasnya berupa ketupat dari janur kuning yang kemudian dicampur dengan lodeh. pada saat makan bersamapun tak diperbolehkan diikuti oleh para wanita.

Menurut sesepuh desa, Abdul Ghofur, pengikut tradisi lebaran ketupat yang mengikti kegiatan di desa tersebut ada sekitar seratusan jamaah yang tersebar di sejumlah masjid. Ketupat lebaran merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang mereka. Tradisi ini merupakan perwujudan rasa syukur setelah warga melakukan puasa syawal yang dimulai pasca lebaran kemarin.

Dengan menggelar taradisi yang dilakukan enam hari setelah lebaran tersebut diharapkan, warga bisa lebih merasa puas, karena puasa syawal tak kalah pahalanya dengan puasa ramadhan (iin).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.