Wahana Baru Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Goa Lawa

Goa Lorong kereta yang menjadi wahana baru di obyek wisata Goa Lawa menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan.
Goa Lorong kereta yang menjadi wahana baru di obyek wisata Goa Lawa menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Wahana baru Goa Lorong Kereta dan arena outbond menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Goa Lawa pada liburan Idul Fitri tahun ini. Para wisatawan tertarik dengan temuan goa baru tersebut dan juga ingin mencoba arena outbond. Arena outbond lebih banyak diminati anak-anak yang ingin mencoba keberaniannya.
Data yang tercatat di obyek wisata yang berada di kaki Gunung Slamet itu menyebutkan, sejak hari H Idul Fitri hingga H+ 3 pada Kamis (31/7) jumlah wisatawan sebanyak 10.950 orang. Jumlah ini naik dibanding waktu yang sama pada tahun 2013 yang tercatat 9.780 wisatawan. “Dari target kunjungan sekitar 15 ribu wisatawan selama libur Idul Fitri tahun ini, kami optimis akan bisa tercapai,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si yang ditemui di obyek wisata Goa Lawa, Kamis (31/7).

Menurut Prayitno, pihaknya optimis target kunjungan dan pendapatan akan tercapai karena masih ada tiga hari lagi waktu liburan hingga Minggu (3/8). Selain itu, cuaca di Goa Lawa sangat mendukung karena cerah, sejuk dan tidak turun hujan sejak Senin (28/7). Selain cuaca yang bersahabat, hiburan pentas musik dangdut juga tetap menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung.

“Untuk penikmat musik dangdut kebanyakan dari wisatawan yang berasal dari Purbalingga, Pemalang, Banjarnegara dan Banyumas. Sedang pengunjung dari sejumlah kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang cenderung menikmati keindahan di dalam Goa Lawa,” kata Prayitno.

Prayitno menambahkan, tanda tiket masuk ke Goa Lawa jika dibanding dengan obyek wisata lain cukup murah. Pada masa libur lebaran harga tiket Rp 12.500 per orang. Selain itu, pengelola juga tidak ingin mengambil kesempatan untuk menaikan harga parker kendaraan. “Tiket masuk sesuai Perda 06/tahun 2012 sedang tiket parkir kendaraan sesuai Perda 05/2012. Kami tidak ingin wisatawan mengeluh saat berkunjung ke Goa Lawa. Dengan penerapan tarif sesuai perda maka pengunjung akan merasa nyaman,” tambah Prayitno.

Pengunjung Owabong Capai 43 Ribu
Dibagian lain Prayitno menyatakan, untuk Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong), target kunjungan wisatawan sebanyak 150 ribu orang pada libur lebaran ini juga optimis akan tercapai. Prayitno merinci, pengunjung Owabong sejak H+1 lebaran hingga H+3 sebanyak 43.582 orang. Jumlah ini terinci pada H+1 sebanyak 11.860 orang, H+2 sebanyak 17.684 dan H+3 sebanyak 14.038 orang. Sedang jumlah wisatawan ke Sanggaluri Park sejak Selasa (29/7) hingga Kamis (31/7) tercatat sebanyak 9.698 orang. Untuk tiket masuk Owabong sebesar Rp 28 ribu per orang, sedang tiket Sanggaluri sebesar Rp 15 ribu per orang.

“Owabong dengan mengandalkan wahana permainan air dan wahana baru waterslide capsule juga menjadi daya tarik pengunjung,” kata Prayitno. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.