Lebaran 22 Puskesmas Tetap Buka

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Selama Lebaran, seluruh Puskesmas di Purbalingga akan tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dinas Kesehatan (Dinkes) telah menginstruksikan kepada 22 Puskesmas itu untuk tetap buka seperti biasa.

“Kecuali tanggal merah dimana ada petugas piket di Puskesmas tersebut. Ini untuk penanganan yang sifatnya emergency,” kata Kepala Dinkes Purbalingga, dr Nonot Mulyono, Rabu (23/7).

Selain itu di beberapa Puskesmas juga buka 24 jam jika sewaktu-waktu masyarakat membutuhkan pertolongan dalam kesehatan.

Sementara itu, menghadapi arus mudik dan balik Lebaran, Dinkes Purbalingga juga mendirikan posko kesehatan di enam titik. Empat titik di tepi jalan yaitu di Bayeman, Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja; di Desa Jompo, Kecamatan Kalimanah; di Pom Bensin Sambas Desa Blater, Kecamatan Kalimanah dan di Desa/Kecamatan Bukateja. Sedangkan satu posko di Alun-alun Purbalingga dan posko induk di kantor Dinkes Purbalingga.

Masing-masing posko diterjunkan dua petugas kesehatan dari Puskesmas terdekat dan PMI yang bertugas tiap satu shift. Dimana pembagiannya dalam sehari ada tiga shift.

Sedangkan di Posko Pom Bensin Sambas, terdapat petugas dari seluruh rumah sakit baik negeri maupun swasta yang berjaga secara bergantian menjadi tiga shift dalam sehari. Adapun petugas di posko induk siaga 24 jam untuk persiapan koordinasi bila sewaktu-waktu ada kejadian luar biasa. “Posko tersebut dibuka 15 hari. Mulai H-7 Lebaran hingga H+7,” kata Nonot. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.