Sambut Lebaran, PMI Terjunkan Puluhan Relawan

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga menerjunkan 60 relawan untuk memberikan pelayanan pertolongan pertama kepada warga masyarakat selama Lebaran. Pelayanan silakukan 24 jam dengan system shif mulai 23 Juli hingga 3 Agustus 2014. PMI juga menyiagakan ambulan PMI jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
Ketua PMI Purbalingga Drs Suyitno mengatakan, tujuan kegiatan pelayanan lebaran ini untuk lebih mendekatkan PMI kepada masyarakat dan memaksimalkan fungsi pelayanan sosial kesehatan kepada masyarakat (Yansoskesmas) yang menjadi salah satu dari empat tugas pokok dan fungsi PMI.

“Kegiatan ini sekaligus untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa sumbangan bulan dana PMI dari masyarakat diusahakan secara optimal untuk terus kembali kepada masyarakat, dalam bentuk-bentuk yang semakin diperlukan masyarakat. Tidak hanya tanggap darurat bencana, namun juga masuk ke ranah publik yang lebih diperlukan pada saat-saat tertentu seperti pada masa mudik lebaran dan masa libur cuti bersama lebaran ini,” kata Suyitno, Rabu (23/7).

Dijelaskan Suyitno, pelayanan pra lebaran dilaksanakan mulai tanggal 24 Juli hingga 29 Juli. Para relawan diterjunkan di tiga pos masing-masing pos Purbalingga di Jompo, pos Bukateja di terminal Bukateja dan pos Bayeman/Cingkrik di Karangreja. “Fokus untuk pos Bayeman/Cingkrik lebih diperhatikan karena adanya pengalihan jalur dari Pantura yang melewati Karangreja. Di jalur ini lokasi jalan berliku dan sempit. Dalam beberapa hari ini sudah terjadi kecelakaan akibat padatnya jalur,” kata Suyitno.

Untuk pelayanan pasca lebaran, mulai 29 Juli hingga 3 Agustus. relawan PMI diturunkan untuk membantu mengantisipasi lonjakan pengunjung di daerah wisata terutama di Owabong Bojongsari, Taman Purbasari Pancuran Mas di Padamara dan obyek wisata Goa Lawa di Karangreja. “Fokus perhatian untuk Goa Lawa pun dimungkinkan lebih tinggi, apabila pengalihan jalur dari Pantura masih berlanjut sampai pasca lebaran,” kata Suyitno.

Suyitno menambahkan, posko induk kegiatan PMI ada di markas PMI Purbalingga, sekaligus sebagai pos ambulan PMI dengan backup langsung tenaga medis dan paramedis klinik PMI. “Kegiatan pelayanan ini pada ujungnya untuk mewujudkan visi PMI menjadi organisasi yang tanggap, profesional dan dicintai masyarakat,” tambah Suyitno. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.