Target 200 Ribu Pengunjung, Purbalingga Siap Dikunjungi Wisatawan

Arena flying fox yang menjadi salah satu bagian outbond di Obyek Wisata Goa Lawa Purbalingga.
Arena flying fox yang menjadi salah satu bagian outbond di Obyek Wisata Goa Lawa Purbalingga.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Berbagai potensi pariwisata di wilayah Purbalingga sudah siap menerima kunjungan wisatawan selama libur lebaran mendatang. Para pengelola obyek wisata, sudah mempercantik diri dan menyiapkan berbagai wahana baru untuk menarik perhatian pengunjung. Sekaligus member kepuasan kepada wisatawan yang berkunjung.
“Purbasari Pancuranmas sudah menyiapkan wahana baru. Minggu lusa diresmikan. Owabong juga sudah bersih-bersih. Termasuk Walik dan Goa Lawa. Intinya semua obyek sudah siap,” ujar Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto, kemarin.

Dikatakan Sukento, pihak Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuranmas desa Purbayasa Kecamatan Padamara sudah menambah 60 jenis burung impor untuk melengkapi koleksi unggas yang sudah ada. Dengan bertambahnya koleksi satwa ini, Purbasari setidaknya memiliki lebih dari 100 spesies burung dan unggas baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
“Disamping suguhan menarik lainnya yang sudah ada seperti river word, play ground, water boom, kolam renang anak dan dewasa, bioskop 3 dimansi dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) sebagai wisata andalan Purbalingga juga sudah menyiapkan diri dengan melakukan bersih-bersih sumber air. Owabong yang berada di Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsari dapat ditempuh sekitar 10 menit perjalanan dari Kota Purbalingga ke a rah utara.

Saat berkunjung ke Owabong, para wisatawan akan disuguhi banyak wahana arena bermain seperti kolam Olympic, waterboom spiral dan torpedo, kolam ember tumpah, dan kolam pesta air untuk anak. Selain itu terdapat pantai bebas tsunami, kolam air hangat, terapi ikan, sirkuit gokart, flying fox, anjungan wisata dirgantara, bioskop 4 dimansi dan jet coaster.

Wisatawan juga bisa mengunjungi Sanggaluri Park di Kutasari tak jauh dari lokasi Owabong dan Arena wisata keluarga Usman Janatin Park yang berada di tengah kota. Keduanya merupakan obyek wisata yang sama-sama dikelola oleh manajemen Owabong.

“Saya ingin Purbalingga dikunjungi 200 ribu wisatawan. Untuk semua obyek wisata yang ada. Tapi kalau hanya 100 ribu lebih, itupun sudah bagus,” tandas Bupati.

Terpisah, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinbudparpora, Prayitno mengatakan, menyambut libur lebaran tahun ini pengunjung Goa Lawa akan dihibur pentas musik dangdut selama lima hari berturut-turut , mulai H+1 lebaran pada 29 Juli hingga 2 Agustus 2014.

Selain itu, Goa Lawa yang berada di desa Siwarak Kecamatan Karangreja, juga menghadirkan wahana baru berupa arena outbond, Goa Lorong Kereta dan penambahan sejumlah gazebo serta fasilitas ruang kesehatan.
“Untuk Goa Lorong Kereta, pengunjung hanya bisa sampai ke mulut goa karena untuk masuk kedalamnya masih diperlukan perlengkapan telusur goa termasuk oksigen dan lampu senter,” jelas Prayitno.
Sedangkan untuk arena outbond seperti flying fox dikelola oleh Pokdarwis Lawa Mandiri Desa Siwarak. (BNC)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.