Jalur Ajibarang-Bumiayu mulai normal

Menjelang sore, kemacetan mengular hingga 10 kilometer akibat truk mengalami patah as roda dan imbas dari amblesnya Jembatan Comal di jalur tengah yang menghubungkan antara Banyumas dengan Brebes, Jawa Tengah, mulai terurai. Kendaraan berat kini diarahkan melalui jalur selatan.

“Saat ini alhamdulillah sudah mulai lancar. Pantauan tadi pagi memang sempat terjadi kemacetan panjang akibat adanya truk yang as rodanya patah. Kendaraan yang rusak itu terjadi di daerah Paguyangan, Brebes,” kata Kasatlantas Polres Banyumas, AKP Ihram Kustarto, Sabtu (19/7/2014).

Menurut dia, kendaraan berat mendominasi arus kendaraan di jalur tengah yang akan menuju beberapa kota tujuan di Jawa Tengah yang memang diarahkan melalui jalur selatan. Kondisi jalan yang berkelok dan banyak tanjakan serta turunan dapat membuat kendaraan berat kesulitan melalui jalur tengah.

“Untuk kendaraan berat diarahkan melalui jalur selatan. Sedangkan saat ini, kendaraan yang melintas di daerah Banyumas didominasi truk dan kontainer,” ujarnya.

Dari informasi yang dikumpulkan, akibat rusaknya jembatan Comal arus kendaraan besar seperti bus dan truk dialihkan melaui jalur tengah selatan, seperti Tegal-Brebes-Bumiayu-Ajibarang- Wangon-Rawalo-Buntu-Sumpiuh-Tambak hingga Kebumen meningkat dari semula rata-rata 1.500 kendaraan per jam menjadi 2.300 kendaraan per jam.

Sedangkan infromasi melalui blackberry messenger Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika Banyumas mengimbau kendaraan barang dari arah Purbalingga agar tidak melalui daerah Krumput Banyumas. Tetapi disarankan melalui jalur Kaliori-Patikraja.

Baca berita sebelumnya: Jalur Ajibarang-Bumiayu Lumpuh

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.