Ratusan HA Sawah di Kroya Terendam Banjir

TERENDAM: Ratusan HA tanaman padi  di Kroya ini sudah tidak mungkin lagi bisa diselamatkan (foto: tat/BNC)
TERENDAM: Akibat banjir,ratusan HA tanaman padi di Kroya ini sudah tidak mungkin lagi bisa diselamatkan (foto: tat/BNC)

CILACAP (BanyumasNews.Com) – Hujan deras yang turun sejak tiga hari terakhir mengakibatkan ratusan hektar areal sawah di Kroya Kabupaten Cilacap,  Jawa Tengah, terendam banjir. Air juga menggenangi jalan desa dan rumah.

Areal sawah seluas 820 hektare di Kroyaini terendam banjir akibat hujan lebat yang terjadi sejak tiga hari terakhir. Tinggi genangan air di sawah hingga Selasa (15.07) mencapai satu meter.

Informasi dari posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap menyebutkan, luas total genangan di jalan dan pemukiman penduduk mencapai 308 hektare sedangkan di pekarangan rumah dan jalan desa berkisar 15 sentimeter.

Banjir terjadi akibat curah hujan yang sangat tinggi mengakibatkan sungai di wilayah itu meluap . Selain itu, wilayah Kroya yang merupakan daerah cekungan dan sistem drainase yang rusak semakin memungkinkan terjadinya banjir karena aliran air ke laut menjadi tidak lancar.

“ Drainase disini memang sudah lama rusak. Kami sudah melaporkannya tetapi tidak ada tindakan apa apa,” ujar Edi (40) warga Kroya. Warga berharap agar penyumbatan serta bocornya saluran irigasi juga diperbaiki, sehingga sawah mereka tidak terendam banjir . (tat)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.