Kelembagaan DPU Akan Dipecah

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Purbalingga, saat ini dinilai memiliki beban kerja yang terlalu berat. Melihat hal itu, Pemkab rencananya akan memecah DPU menjadi dua dinas. Keduanya yaitu Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, Kebersihan dan Energi dan Sumber Daya Mineral (DCKTRK dan ESDM) dan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM).
Hal itu disampaikan oleh Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto pada Rapat Paripurna Jawaban Bupati Purbalingga Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Purbalingga Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2014 di Ruang Paripurna DPRD Purbaligga, kemarin.

“Terkait dengan evaluasi Kelembagaan SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) DPU, dinilai beban kerjanya terlalu berat. Dengan pemecahan kelembagaan tersebut, diharapkan agar beban kerjanya tidak terlalu berat sehingga kinerjanya dapat meningkat,” katanya.

Untuk proses pemecahan DPU tersebut, Sukento mengatakan, pihaknya saat ini tengan menyusun Raperda kelembagaan yang pada saatnya akan disampaikan kepada DPRD untuk dibahas dan ditetapkan menjadi Perda. Untuk diketahui, DPU sendiri saat ini memiliki lima bidang. Yaitu Bidang Bina Marga, Bidang Cipta Karya, Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Bidang Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Bidang Pengairan.

Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Sekretariat Daerah Purbalingga, Widiyono mengatakan, raperda pemecahan DPU tersebut sudah disusun dan dirapatkan dengan tim eksekutif. “Revisinya juga sudah disusun kembali dan segera masuk ke Bagian Hukum untuk dikaji lagi. Baru diserahkan ke Bupati dan diserahkan ke DPRD,” katanya. (BNC)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.