Kabur Hampir Sebulan, Pelaku Asusila Ditangkap

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Setelah kabur hamper satu bulan, salah satu dari dua pelaku tindak asusila terhadap anak di bawah umur, akhirnya ditangkap oleh Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Purbalingga. Pelaku adalah Robi Eka Prasetyo alias Rori alias Ipang (21) warga RT 3 RW 3 Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet. Pelaku ditangkap oleh polisi di rumah seseorang yang masih satu desa, tapi beda dusun.
Satu pelaku lainnya, Sujinto (24) warga Dusun Kaliwangi, Desa Bojong, Kecamatan Mrebet sudah ditangkap lebih dulu Kamis (19/7) di rumahnya.
Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Purbalingga, Iptu Tri Arjo mengatakan, pelaku sempat melarikan diri ke luar kota. Selain itu, proses penangkapan juga sempat terkendala karena petugas sedang dikerahkan untuk pengamanan Pilpres.

“Kami datang ke rumah pelaku, tapi tidak ada. Namun kami telah menyiapkan informan di sana. Katanya pelaku berada di daerah atas tapi masih satu desa. Setelah informasi valid, akhirnya kami melakukan penangkapan,” katanya.

Pelaku sendiri, kata Tri Arjo, merupakan residivis. Ia pernah dipenjara dua kali karena terlibat kasus pencurian dengan kekerasan dan penganiayaan.
Kasus asusila ini terjadi pada Rabu (18/7) dengan korban sebut saja Cempaka (14) warga Desa Cipawon, Kecamatan Bukateja. Saat itu korban mendapat undangan perayaan pesta ulang tahun. Saat acara tersebut, pelaku menenggak minuman keras, lalu menyetubuhi korban.

Pelaku dijerat dengan Pasal 81 dan 82 Undang-Undang No 23 Tahun 2002 tentang tindak pidana asusila terhadap anak dibawa umur dengan ancaman penjara maksimal 15 tahun. Karena tersangka berbeda, polisi membuat berkas secara terpisah. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.