Desk Pilpres Purbalingga Rampungkan Tabulasi Suara Sementara

PURBALINGGA – Desk Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden Wakil Presiden (Pilpres) Kabupaten Purbalingga, Kamis (10/7) pagi berhasil merampungkan rekapitulasi suara sementara Pilpres 9 Juli kemarin. Sebelumnya hingga Rabu (9/10) malam, masih menyisakan 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang belum masuk tabulasi. 12 TPS itu berada di 2 wilayah kecamatan yakni 1 TPS di Desa Purbasari Kecamatan Karangjambu dan 11 TPS di Desa Sirau Kecamatan Karangmoncol.
“Kamis pagi semua data yang dari kecamatan telah masuk tabulasi semua. Hasilnya telah kami sajikan kepada Bapak Bupati,” ujar Pelaksana Harian Desk Pileg dan Pilpres Kabupaten Purbalingga Satya Giri Podo di Sekretariat Desk Kantor Kesbangpol, Kamis (10/7).

Sesuai data tabulasi, total jumlah suara yang telah masuk mencapai 100 persen. Dengan perolehan suara sementara masing-masing pasangan capres-cawapres yakni pasangan nomor 1 Prabowo Subijanto – Hatta Rajasa memperoleh 183.930 suara atau 36,5 persen dan Joko Widodo – Jusuf Kalla 320.417 suara atau 63,5 persen.

Dijelaskan Giri, jumlah suara sah mencapai 504.347 atau 69,3 persen, suara tidak sah 5.931 (0,8 persen) dan pemilih tidak hadir sebanyak 217.731 (29,9 persen).

“Data yang kita himpun bukan merupakan hitung cepat, namun berupa rekapitulasi hasil penghitungan suara sementara dari tingkat kecamatan. Namun ini sifatnya hasil sementara. Hasil resmi perolehan suara pilpres tingkat kabupaten Purbalingga tentu menunggu penetapan dari KPU. Sesuai jadwal, rekapitulasi di tingkat KPU 16-17 Juli ,” jelasnya.

Data tabulasi suara sementara itu, juga menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan pilpres di wilayah. Sehingga bila ada permasalahan dapat segera ditangani. Juga sebagai layanan Desk yang menggambarkan hasil sementara penghitungan suara di Purbalingga yang kemudian dilaporkan kepada Bupati, Wakil Bupati dan Ketua Desk yang juga Sekda Purbalingga.

Selain tabulasi oleh Desk Pilpres, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri juga melakukan real count perolehan suara sementara yang diupdate secara berkala. Update terakhir pada Rabu (9/7) pukul 17.03 WIB, perolehan sementara pasangan Prabowo – Hatta 113.286 suara (35,74 %) dan Jokowi – Jk 203.712 (64,26%). Sedangkan total suara yang telah masuk tabulasi sebanyak 61,92 persen. (BNC)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.