Jelang Pilpres dan Lebaran, Waspadai Peredaran Uang Palsu

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  РMenjelang pelaksanaan Pilpres dan lebaran, masyarakat diminta untuk lebih mewaspadai terhadap beredarnya uang palsu.
Kapolres Purbalingga, AKBP I Ketut Suwitra Adnya mengatakan, meskipun pihaknya belum menemukan adanya kasus uang palsu, namun pihaknya telah mendeteksi beberapa titik lokasi rawan peredaran uang palsu di Purbalingga. “Lokasinya biasanya di pasar-pasar dan di daerah pinggiran atau pelosok,” katanya, Senin (7/7).

Menurutnya, menjelang Pilpres, kemungkinan bisa terjadi adanya politik uang atau serangan fajar oleh oknum salah satu atau masing-masing tim sukses calon pasangan presiden-wakil presiden (wapres) kepada masyarakat.

“Nah, yang seperti ini kemungkinan juga bisa menggunakan uang palsu. Bisa saja tim sukses tidak mau rugi, akhirnya lewat jalan seperti ini,” katanya.
Terlebih lagi menjelang dan setelah lebaran. Tingkat kerawanan beredarnya uang palsu di masyarakat sangat tinggi. Sebab pada masa ini, tingkat peredaran uang juga sangat tinggi.

“Di pasar misalnya atau di desa-desa pelosok yang mana warganya dinilai oleh orang yang tak bertanggung jawab, tidak terlalu paham membedakan antara uang asli dengan palsu,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya jauh-jauh hari telah memerintahkan kepada anggota pembinaan masyarakat (Bimas) baik di Polres maupun Polsek jajaran untuk intens terjun ke masyarakat dan mengajak untuk waspada soal uang palsu tersebut.(BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.