Warga NU Makin Yakin Pilih Prabowo-Hatta

prabowo hattaWarga NU kini makin yakin untuk memilih pasangan Capres-Cawapres mereka. Menyusul Hasil survei Lembaga Klimatologi Politik (LKP) menunjukan, warga NU atau kaum Nahdliyin cenderung memilih pasangan Prabowo-Hatta dalam Pilpres 9 Juli nanti.

Kristalisasi dukungan terhadap Prabowo-Hatta juga terjadi di kalangan orang-orang yang mengagumi mantan Presiden Abdurahman Wahid atau Gusdurian.

“Menurut temuan kami, sebanyak 48,8 persen warga Nahdliyin mengaku akan memilih pasangan Prabowo-Hatta. Hanya 35,1 persen warga nahdliyin yang mengaku akan memilih pasangan Jokowi-JK dan sisanya 16,1 persen belum dapat memutuskan akan memilih pasangan yang mana,” kata CEO LKP, Usman Rachman, dalam pemaparan hasil survei di Hotel Grand Menteng, Jalan Matraman Raya 21, Jakarta Timur,seperti dikutip okezone.com, Minggu (6/7/2014).

Usman mengatakan, salah satu faktor tingginya suara Prabowo-Hatta di kalangan Nahdliyin yaitu mengenai kampanye Gus Dur yang menyebutkan Prabowo sosok yang ikhlas. “Salah satunya kampanyenya Gus Dur yang menyampaikan Prabowo orang yang ikhlas,” katanya.

Sementara itu, lanjut Usman, kecenderungan mengalirnya dukungan nahdliyin dan Gusdurian ke Prabowo-Hatta tidak sejalan dengan keputusan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang turut menjadi partai pengusung Jokowi-JK.

Elite politik PKB ternyata tidak sanggup mengajak gerbong Nahdliyin untuk memilih pasangan capres-cawapres yang didukungnya bersama PDI-P, Partai Nasdem dan Partai Hanura.

“Dalam hasil survei kami, pemilih PKB justru banyak yang mendukung pasangan Prabowo-Hatta. Hal yang sama juga terjadi di Partai Hanura, lebih dari 50 persen konstituennya justru mengaku akan memilih pasangan Prabowo-Hatta pada pilpres nanti,” kata Usman.

Survei LKP dilaksanakan tanggal 19 sampai 30 Juni 2014 di 33 provinsi di Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang sudah tercantum dalam DPT Pilpres 2014. Jumlah sampel sebesar 1.240 responden diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error sebesar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (iin/dtc)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.