Sekolah Harus Tanamkan Pendidikan Karakter

Kepala SMPN 1 Pengadegan, Drs Sutarno M.Pd   (kiri) bersama Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga, Tri Gunawan  SH MH   dan para siswa  berprestasi SMPN 1 Pengadegan.
Kepala SMPN 1 Pengadegan, Drs Sutarno M.Pd (kiri) bersama Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga, Tri Gunawan SH MH dan para siswa berprestasi SMPN 1 Pengadegan.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Bupati Purbalingga Drs Sukento Ridho Marhaendrianto MM berpesan kepada seluruh siswa sekolah di Purbalingga agar bisa mengamalkan pendidikan karakter dalam hidup bermasyarakat.
“Menanamkan rasa sayang dan terima kasih kepada guru adalah salah satu contoh pendidikan karakter yang harus dijunjung oleh siswa sekolah di Purbalingga, termasuk SMPN 1 Pengadegan. Saya menyarankan, agar setiap minggu sekali di ruang kelas, para siswa menyanyikan lagu hymne Guru dengan khidmat sebagai bentuk penghargaan terhadap guru. Saya juga berpesan kepada lulusan SMPN 1 Pengadegan, agar melanjutkan ke SMA/SMK/MA sesuai pilihan masing-masing. Jangan sampai ada yang menganggur, semua harus melanjutkan,” pesan Bupati Sukento pada acara pelepasan siswa Klas IX SMPN 1 Pengadegan, di sekolah setempat, Sabtu (21/6).

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga Tri Gunawan, Kepala SMPN 1 Pengadegan Drs Sutarno M.Pd beserta jajaran dewan guru serta karyawan, para siswa Klas IX berikut orang tua/wali, dan tamu undangan.

Pada tahun ajaran 2013/2014 ini, SMPN 1 Pengadegan meluluskan 210 siswa atau lulus 100 persen. Dari siswa 210 itu,tiga diantaranya meraih nilai 10, yakni Tusilah untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Nurul Hidayat (Matematika) dan Kurniati (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan).Ketiga siswa itu mendapat penghargaan dari sekolah. Penghargaan juga diberikan kepada guru mata pelajaran yang siswanya meraih nilai 10 , yakni Marwono, S.Pd., guru PKn, Turaharto, S.Pd (matematika), dan dua guru IPA, Yuni Windu Wardani, S.Pd dan Wasis Budi, S.Pd.

SMPN 1 Pengadegan, saat ini memiliki 647 siswa, yang tersebar ke dalam 19 rombongan belajar (rombel), terdiri klas 7 ada 7 rombel, klas 8 (6) DAN KLAS 9 (6).

Untuk memeriahkan pelepasan siswa Klas IX itu, digelar pentas seni, dengan menampilkan potensi seni siswa-siswi SMPN 1 Pengadegan, terdiri seni thek-thek,tari, nyanyi tunggal , band dan drama serta pentas wayang pakeliran padat.

Menurut Bupati Sukento, di tengah krisis moral yang melanda Bangsa Indonesia saat ini, sekolah harus bisa menanamkan pendidikan karakter kepada para siswanya. Nilai-nilai karakter yang dapat ditransformasikan dalam proses pembelajaran diantaranya disiplin, kerja sama, gotong-royong, tolong menolong, jujur, adil, dan bertanggung jawab. Selain itu, harus memiliki rasa hormat kepada sesama manusia , ikhlas, toleran, rajin, taat, syukur, rendah hati, teliti, cinta tanah air, peduli,ramah, pemaaf, sopan dan santun. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.