Piala Dunia 2014: Sempat Tertinggal Lebih Dulu, Swiss Kalahkan Ekuador 2-1

Admir Mehmedi

BRASILIA (BanyumasNews.com) – Swiss mengawali perjuangannya di Piala Dunia 2014 dengan hasil positif. Menghadapi Ekuador di Estadio Nacional, Brasilia, pada Ahad (15/6) malam WIB, tim asuhan Ottmar Hietzfeld berhasil meraup poin penuh berkat kemenangan dramatis atas Ekuador.

Swiss yang merupakan tim unggulan di Grup E memulai pertandingan dengan baik. Inisiatif serangan langsung digeber sejak menit-menit awal. Namun peluang terbaik baru didapat pada menit ke-12. Mendapat bola dari Valon Behrami, Granit Xhaka melepas tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Sayang, bola masih meleset.

Tiga menit berselang giliran Xherdan Shaqiri yang melancarkan tendangan dari luar kotak 16 meter. Diberi operan oleh Gokhan Inler, pemain yang merumput di Bundesliga bersama Bayern Munchen tersebut mencoba peruntungan dengan tendangan kaki kiri. Peluang ini bisa saja menjadi gol andai kiper Ekuador tak sigap melakukan penyelamatan.

Ekuador unggul lebih dulu di menit ke-23 melalui sundulan Enner Valencia. Memanfaatkan sebuah tendangan bebas di sekitar kotak penalti, Walter Ayoví melepas umpan silang ke dalam kotak penalti. Enner Valencia yang berdiri tanpa pengawalan berarti sukses menyundul bola dari jarak dekat.

Swiss berusaha membalas. Berkali-kali Inler, Xhaka, Behrami, Shaqiri dan Valentin Stocker membombardir gawang Ekuador. Tendangan dari luar kotak penalti berulang kali dilancarkan, tapi tak satupun yang berbuah gol. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Ekuador.

Di awal babak kedua, Swiss menarik keluar Stocker dan menggantikannya dengan Admir Mehmedi. Baru dua menit berada di atas lapangan, Mehmedi langsung mencetak gol penyama kedudukan. Berawal dari sebuah sepak pojok yan g dieksekusi oleh Ricardo Rodriguez, Mehmedi yang sebenarnya sedang dikawal ketat seorang pemain Ekuador masih dapat mengarahkan bola ke dalam gawang. 1-1.

Setelahnya jual-beli serangan dilakukan kedua tim. Ekuador yang jelang keberangkatan ke Brasil sukses menahan seri Inggris 2-2 dalam sebuah uji coba, tampak berniat mencari kemenangan dan membuka peluang lolos ke babak selanjutnya.

Serangkaian pergantian pemain juga dilakukan kedua kubu. Ekuador menarik keluar Felipe Caicedo dan menggantikannya dengan Michael Arroyo. Disusul masuknya Joao Rojas menggantikan Jefferson Montero. Sementara Swiss memasukkan Haris Seferovic dan menarik keluar Josip Drmic.

Ternyata pergantian pemain yang dilakukan Swiss lebih tokcer. Saat pertandingan sepertinya bakal berakhir imbang, Serefovic menyambar umpan silang Rodriguez dengan kaki kirinya dari jarak sangat dekat. Kiper dan pemain belakang Ekuador tampak terkejut dan tahu-tahu bola sudah bersarang di gawang mereka.

Kemenangan ini membuka jalan Swiss ke babak berikutnya. Mereka hanya butuh satu kemenangan lagi dari dua pertandingan sisa melawan Prancis (20/6) dan Honduras (25/6).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.