Piala Dunia 2014: Sempat Tertinggal Lebih Dulu, Pantai Gading Kalahkan Jepang 2-1

Gervinho and Didier Drogba

RECIFE (BanyumasNews.com) – Wakil Asia kembali tumbang di partai perdana mereka di Piala Dunia 2014. Setelah Australia dikalahkan Cili, kali ini giliran Jepang yang dibuat keok oleh kontestan dengan anggota skuat pemain-pemain top Eropa, Pantai Gading.

Bermain di bawah hujan rintik di Arena Pernambuco, kota Recife, pada Ahad (15/6) pagi WIB, Jepang lebih dulu unggul di menit ke-16 lewat tendangan keras striker yang merumput bersama AC Milan, Keisuke Honda. Mendapat bola hasil sepak pojok yang ditendang mendatar, Honda tanpa ampun melepas tembakan kencang yang tak mampu dihalau kiper Boubacar Barry.

Skor 1-0 bagi keunggulan Jepang bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Pantai Gading bermain lebih agresif dengan menurunkan striker gaek Didier Drogba yang selalu mencetak gol di dua pertandingan uji coba terakhir sebelum berangkat ke Brasil. Skema ofensif yang diusung pelatih Sabri Lamouchi ini membuahkan hasil.

Menit ke-64, Pantai Gading menyamakan kedudukan lewat sundulan Wilfried Bony. Striker yang merumput di Liga Inggris bersama Swansea City ini lepas dari kawalan Yuto Nagatomo untuk menyongsong umpan silang Serge Aurier. Bola meluncur ke sudut kiri bawah gawang Kawashima.

Berselang dua menit kemudian, Pantai Gading membalikkan skor menjadi 2-1. Lagi-lagi Aurier yang berandil besar dalam gol kedua Pantai Gading, setelah umpan silangnya berhasil menemui kepala Gervinho.

Jepang merespon dengan memasukkan striker Yoshito Okubo menggantikan Yuya Osako di menit ke-67, lalu disusul masuknya Yoichiro Kakitani menggantikan Shinji Kagawa di menit ke-86. Namun keduanya tak bisa berbuat banyak dalam menembus lini pertahanan Pantai Gading.

Skor 2-1 untuk keunggulan Pantai Gading bertahan hingga pertandingan usai. Hasil ini membuat Pantai Gading menempati posisi kedua dalam klasemen sementara Grup C, hanya kalah selisih gol dari Ekuador di peringkat pertama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.