Piala Dunia 2014: Mario Balotelli Bawa Italia Kalahkan Inggris dengan Skor Tipis 2-1

Mario Balotelli

MANAUS (BanyumasNews.com) – Duel dua eks juara dunia antara Inggris dan Italia berlangsung sengit. Namun, lagi-lagi Inggris tak mampu menembus rapat dan disiplinnya lini pertahanan Italia dan harus mengulang kekalahan menyakitkan di babak perempatfinal Euro 2012.

Di Euro 2012, Inggris dan Italia berbagi skor 1-1 hingga pertandingan berjalan 120 menit. Ketatnya lini pertahanan Italia ditambah mandulnya penyerang-penyerang Inggris sehingga tak ada lagi gol tercipta dalam pertandingan yang menurut sejumlah pengamat berjalan membosankan itu. Inggris pun kalah dalam adu penalti.

Dua tahun berselang, Inggris kembali menghadapi lawan yang sama. Dengan skuat yang sudah banyak berubah, Inggris diharapkan dapat membalas kekalahan sekaligus memperbesar peluang untuk lolos ke babak berikutnya. Namun, barisan pemain muda yang mendominasi skuat Inggris kehabisan akal membongkar disiplinnya permainan bertahan yang diusung Italia.

Pertandingan berjalan panas sejak menit pertama. Jual-beli serangan tersaji sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Namun baru pada menit ke-35 gol pertama dalam pertandingan ini tercipta melalui kaki Claudio Marchisio.

Berawal dari sebuah sepak pojok, Andrea Pirlo bertindak cerdik dengan membiarkan bola liar yang mengarah kepadanya. Gelandang veteran ini sengaja membuka kakinya membiarkan bola lewat ke arah Marchisio. Setelah menghentikan bola, Marchisio melepas tendangan keras nan terarah menuju gawang tanpa bisa dihalau Joe Hart. Gol!

Inggris langsung memberi respon. Dua menit berselang The Three Lions sudah mencetak gol balasan melalui striker Daniel Sturridge. Gol ini berawal dari kecerdikan gelandang muda Raheem Sterling yang membelah pertahanan Italia dengan umpan terobosan kepada Wayne Rooney. Dari sisi kiri, Rooney melepas umpan silang yang disambut dengan tendangan first time menggunakan kaki kanan oleh Sturridge.

Babak pertama berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Di babak kedua, Italia langsung menekan sejak kick-off dilakukan. Hasilnya, baru lima menit pertandingan dimulai lagi, Mario Balotelli sudah membawa timnya unggul 2-1. Umpan silang dari Antonio Candreva berhasil disundulnya masuk ke dalam gawang yang dijaga eks rekan seklubnya di Manchester City, Joe Hart.

Sejak gol Balotelli itu Inggris langsung meningkatkan tensi serangan. Berkali-kali pemain muda nan lincah di kubu Inggris melakukan tusukan-tusukan ke dalam kotak penalti Italia. Sayang, tak satu pun dari peluang-peluang tersebut yang berbuah gol. Dua di antaranya tendangan Ross Barkley di menit ke-63 dan Leighton Baines di menit ke-76 yang masih bisa diselamatkan kiper kedua Italia, Salvatore Sirigu.

Inggris total membuat 18 tembakan dalam pertandingan ini, dengan lima di antaranya tepat mengarah ke gawang. Sayangnya Sirigu masih terlalu tanggung di bawah mistar gawang Italia sehingga tak ada lagi gol diciptakan Inggris di babak kedua.

Hasil ini belum menutup peluang Inggris. Namun Steven Gerrard dkk. harus meraup setidaknya empat poin jika ingin punya peluang lolos ke babak berikutnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.