Piala Dunia 2014: Brasil Menang Kontroversial atas Kroasia di Partai Pembuka

Neymar Jr.
Neymar menentukan kemenangan Brasil atas Kroasia di partai pembuka Piala Dunia 2014.

SAO PAULO (BanyumasNews.com) – Piala Dunia 2014 dibuka dengan kemenangan kontroversial yang dibukukan tuan rumah Brasil atas Kroasia. Bertanding di Arena de Sao Paulo, Jumat (13/6) dini hari WIB, dua gol Neymar Jr. membawa Tim Samba menang 3-1.

Pertandingan berlangsung seru sejak menit awal. Kroasia yang berharap dapat melanjutkan tradisi kejutan di partai pembuka Piala Dunia langsung menggebrak lewat Mateo Kovacic saat pertandingan belum genap berjalan semenit. Mendapat umpan sundulan dari Ivica Olic, tendangan yang dilancarkan Kovacic dari luar kotak penalti masih meleset ke sisi kiri gawang.

Menit ke-5, giliran Brasil yang menggebrak. Berawal dari sebuah tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Kroasia, bola disundul Thiago Silva ke arah David Luiz yang berada di depan gawang. Luiz menyambut umpan tersebut dengan sundulan. Sayang, si kulit bundar masih bisa ditangkap kiper Stipe Pletikosa.

Semenit berselang, Kroasia kembali mengancam. Mendapat umpan silang dari Ivan Perisic, Olic yang berada di tengah kotak penalti melakukan sundulan. Julio Cesar tak bereaksi, namun bola meleset tipis di samping kiri tiang gawang.

Gol akhirnya tercipta juga di menit ke-10. Kroasia yang menciptakan peluang lewat kerja sama Olic dan Nikica Jelavic sebenarnya harus kembali kecewa karena gagal membobol gawang. Namun tendangan Jelavic yang melebar jutru disambut oleh bek Brasil Marcelo sehingga masuk ke gawang sendiri.

Penonton yang memadati stadion terhenyak lesu melihat Brasil tertinggal 0-1. Namun Neymar Jr. cs. tak tinggal diam. Serangan ditingkatkan dengan Neymar, Paulinho, Oscar dan Hulk bergantian membombardir gawang Kroasia. Sampai akhirnya gol balasan tercipta di menit ke-29 lewat kaki kiri Neymar memanfaatkan umpan Oscar.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Brasil menggila di babak kedua. Serangan demi serangan terus dilancarkan ke muka gawang Kroasia. Namun tim tamu tak kendor disiplinnya. Hingga pertandingan nyaris memasuki satu jam, skor masih sama kuat. Sampai akhirnya terjadilah kontroversi itu.

Saat terjadi perebutan bola antara Fred dan Dejan Lovren di dalam kotak penalti, Fred terjatuh padahal dalam tayangan lambat terlihat tak ada kontak fisik berarti yang dilakukan Lovren. Tanpa ampun, wasit Yuichi Nishimura asal Jepang menunjuk titik putih. Keputusan ini disambut dengan marah oleh pemain Kroasia yang berusaha mengejar wasit.

Apa daya, wasit tetap pada keputusannya dan Neymar dengan tenang mengonversi hadiah penalti tersebut menjadi gol. Usaha Kroasia untuk mengejar hasil imbang pupus setelah Oscar membuat skor menjadi 3-1 ketika pertandingan memasuki injury time.

Hasil ini membuat Brasil memuncaki klasemen sementara Grup A dengan poin 3.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.